6 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas, Bikers Wajib Tahu

Suara.com – Untuk Anda pengendara motor, tentu sudah paham benar lika-liku motor yang selalu ada saja masalahnya. Salah satu masalah yang mungkin paling sering muncul adalah mesin motor yang cepat panas. Nah, tentu ada baiknya mengetahui apa saja kira-kira penyebab mesin motor cepat panas.

Idealnya, sistem yang bekerja pada mesin motor bisa menjaga suhu mesin motor sehingga optimal digunakan dalam waktu pakai yang ideal. Namun penurunan performa akan terjadi seiring berjalannya waktu. Beberapa penyebab mesin motor cepat panas bisa dilihat di sini!

Ilustrasi mesin motor. (pixabay.com)
Ilustrasi mesin motor. (pixabay.com)

1. Bahan Bakar Terlalu Irit

Trik klasik yang digunakan banyak pengendara motor adalah menyetel agar konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi ini bisa jadi pemicu mesin motor lekas panas. Jadi agar lebih awet, pastikan pengaturan konsumsi bahan bakar tidak sampai tingkat yang terlalu irit.

Baca Juga: Banjir Peminat, Puluhan Ribu Bikers Ikut Pelatihan Safety Riding Astra Motor Yogyakarta

2. Gangguan Sirkulasi Oli

Oli jadi salah satu hal yang berperan besar dalam menjaga suhu kendaraan, karena menghaluskan gesekan yang terjadi ketika mesin bekerja. Ketika sirkulasi oli di dalam mesin tak optimal, maka pasokan oli bisa terganggu dan menyebabkan gesekan mesin menimbulkan panas berlebih.

3. Telat Ganti Oli?

Masih berkutat pada pelumas yang satu ini, keterlambatan dalam penggantian oli juga bisa jadi biang kerok terjadinya overheat pada mesin.

Pasalnya, ketika sudah mencapai masa pakai maksimal, oli akan menurun kemampuan pelumasan dan pendinginannya.

Baca Juga: Produsen Bahan Bakar Mulai Pasang ‘Kuda-Kuda’ untuk Memproduksi Hidrogen, Ini Kendalanya

4. Mesin yang Bekerja Terlalu Lama

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *