3 Ciri-Ciri Kiprok Rusak, Cermati dan Tangani dengan Cepat

Suara.com – Tahukah Anda jika kiprok pada motor memiliki peran yang krusial dalam mengendalikan arus listrik yang dihasilkan oleh spul? Tentu saja, ketika menjalankan peran ini, kiprok harus berfungsi sempurna. Maka Anda wajib paham benar ciri-ciri kiprok rusak, sehingga bisa ditanggulangi secepatnya!

Ketika kiprok sudah mencapai tahap kerusakan tertentu dan fungsinya tak lagi optimal, maka akan membawa petaka pada bagian aki motor. Aki akan mudah soak walaupun sudah diisi atau diganti baru.

Berikut beberapa ciri-ciri kiprok rusak dan harus segera disikapi.

Salah satu motor pengendera diperbaiki oleh bengkel karena menerjang banjir di Jalan Kaligawe Semarang.dalam sehari sekitar 60 motor kedapatan mogok lantaran nekat menerjang banjir (Suara.com/Dafi Yusuf).
Ilustrasi motor mogok. (Suara.com/Dafi Yusuf).

1. Aki Cenderung Cepat Rusak

Baca Juga: Produsen Bahan Bakar Mulai Pasang ‘Kuda-Kuda’ untuk Memproduksi Hidrogen, Ini Kendalanya

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, tanda atau ciri-ciri kiprok rusak adalah bahwa aki yang digunakan pada sepeda motor Anda cepat rusak. Tak peduli betapa sering diganti atau diisi ulang, aki tetap akan memiliki usia yang pendek.

Hal ini dikarenakan tak ada komponen yang berfungsi optimal dalam mengendalikan arus listrik untuk pengisian aki secara otomatis, sehingga usia aki menjadi sangat pendek.

2. Kendaraan yang Mati Tiba-Tiba

Tanda paling jelas ketika kiprok rusak, atau bahkan sudah mati, adalah tidak adanya komponen kelistrikan yang berfungsi. Motor tidak akan mendapatkan pasokan listrik, sehingga terjadi gagal fungsi yang menyebabkan motor mati mendadak.

Di beberapa kasus paling sering terjadi, motor biasanya mati mendadak dan mogok. Di kasus lain yang lebih buruk, motor benar-benar tak bisa dinyalakan sama sekali alias mati total.

Baca Juga: Polisi Kejar Terduga Pelaku Pembunuhan Sadis Anggota Geng Motor di Bandung Barat

3. Lampu Utama Redup atau Lekas Mati

Karena pasokan listrik tak didapatkan sesuai dengan kebutuhan, maka tak jarang kerusakan kiprok juga memberikan ciri seperti lampu utama yang redup atau usianya sangat pendek. Tentu Anda pernah mengalami nyala lampu semakin terang saat RPM motor sedang tinggi bukan? Ini adalah salah satu ciri kiprok sudah tak bekerja optimal.

Pada kejadian terburuk lampu yang Anda pasang juga akan memiliki usia yang sangat pendek sehingga menambah pengeluaran Anda secara umum.

Tentu setelah mengetahui ciri-ciri kiprok rusak ini Anda bisa menjadi lebih waspada. Tindakan cepat dan efektif perlu segera dilakukan, dengan mengunjungi bengkel kepercayaan Anda untuk melakukan servis atau penggantian kiprok. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang membacanya, dan selamat beraktivitas!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *