Baru 15% Kursi Direksi BUMN Dinakhodai Perempuan

Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong kesetaraan gender dan generasi muda untuk menduduki pucuk pimpinan BUMN.
 
Saat ini, keterwakilan kaum hawa dalam menduduki kursi penting atau direksi perusahaan pelat merah masih kecil. Mengacu bahan paparan kinerja Menteri BUMN 2021 yang dikutip Medcom.id, Jumat, 7 Januari 2022 realisasi perbandingan direksi perempuan dan laki-laki pada 2021 adalah 15 persen dan 85 persen.
 
Sementara target Kementerian BUMN terhadap porsi direksi perempuan di 2023 adalah 25 persen berbanding 75 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Pahala N Mansury sebelumnya mengungkapkan, keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan merupakan keharusan.
 
“Kami juga percaya perusahaan dengan talenta dan pemimpin perempuan yang berdaya dan memiliki peran besar adalah perusahaan yang berdaya dan berperan besar baik dari sisi ekonomi dan juga sosial,” ucapnya.
 
Sementara dari sisi milenial, Menteri BUMN Erick Thohir mempunyai target pada 2023 sebanyak 10 persen pimpinan BUMN harus merupakan diisi oleh generasi milenial.
 
Masih berdasarkan bahan presentasi yang sama, rata-rata pemimpin milenial di BUMN berumur 40 tahun, dengan usia paling tua 43 tahun dan paling muda 31 tahun.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *