10 Pemain Film Dream Horse, Akting Penuh Kehangatan Hati

Dream Horse adalah film drama produksi Amerika Serikat dan Inggris dengan setting lokasi di Wales yang menceritakan kisah nyata kuda balap bernama Dream Alliance yang pernah menjuarai Welsh Grand National di tahun 2009 lalu.

Perilisan film ini sempat tertunda lebih dari setahun karena pandemi Covid-19, tapi kini film jebolan Sundance Film Festival ini telah menuai banyak pujian dari kritikus.

Film ini digawangi oleh penampilan apik Toni Collette sebagai pemeran utamanya, yang juga didukung oleh aktor dan aktris lainnya sebagai anggota sindikat pemilik Dream Alliance. Ingin tahu siapa saja mereka? Berikut ini kami ulas 10 aktor dan aktris yang berperan di film ini.

1. Toni Collette sebagai Jan Vokes

Toni Collette adalah aktris asal Australia yang namanya sudah sangat dikenal moviegoers di seluruh dunia. Mungkin kita baru mengenalnya ketika dia berperan sebagai ibu dari Haley Joel Osment di film The Sixth Sense (1999) di mana Collette berhasil dinominasikan oleh juri Academy Award untuk kategori Best Supporting Actress.

Padahal sebelumnya dia sudah mulai angkat nama lewat film Muriel’s Wedding (1994) yang mengantarkannya masuk nominasi Best Actress in Musical or Comedy di ajang Golden Globe. Collette juga pernah masuk nominasi Best Supporting Actress di BAFTA Awards lewat aktingnya di film About a Boy (2002).

Ikut meramaikan film Little Miss Sunshine (2006), Collette sekali lagi masuk nominasi BAFTA Awards di kategori Best Supporting Actress. Tidak hanya piawai berakting di film komedi dan drama, Collette pun tampil memukau lewat film horror Hereditary (2018) yang sangat mencekam itu.

Sebagai Jan Vokes, Collette membawa kita meniti durasi dengan penuh harapan. Berkali-kali dia berhasil menampilkan ekspresi terkejut sekaligus haru setiap kali Dream berlomba dan meraih kemenangan.

Begitu juga sangat terlihat rasa cemasnya saat Dream cedera dan naluri keibuannya terlihat begitu nyata. Hidupnya yang datar menjadi berwarna dengan kehadiran Dream.

2. Damian Lewis sebagai Howard Davies

Aktor asal Inggris ini mulai dikenal ketika ikut mendukung miniseri HBO Band of Brothers yang diproduseri oleh Tom Hanks dan Steven Spielberg sebagai Richard D. Winters, di mana Lewis masuk nominasi Golden Globe di kategori Best Actor in Miniseries.

Melanjutkan karirnya di Hollywood, Lewis berakting di film Dreamcatcher (2003) yang banyak dibintangi juga oleh aktor Hollywood ternama lainnya.

Tapi Lewis benar-benar diakui kualitas aktingnya ketika berperan sebagai Nicholas Brody di tiga season awal serial bertema espionage thriller, Homeland, yang tayang di Showtime. Golden Globe dan Emmy langsung mendapuknya sebagai Best Actor in Television Drama Series. Dan terakhir, Lewis memerankan Steve McQueen di Once Upon a Time in Hollywood (2019).

Howard diceritakan adalah seorang akuntan yang pernah memiliki bisnis balapan kuda, tapi bangkrut dan nyaris saja kehilangan rumah demi melunasi hutang-hutang dan semua kerugiannya.

Dan dia kembali ke bisnis balapan kuda dengan menjadi salah satu anggota sindikat pemilik Dream Alliance yang sempat menimbulkan konflik di keluarganya. Tapi pada akhirnya dia berhasil mewujudkan impian ayahnya.

3. Owen Teale sebagai Brian Vokes

owen teale_

Aktor asli Wales ini pertama kali dikenal ketika berperan sebagai Will Scarlett di film TV Robin Hood (1991). Teale juga pernah ikut membintangi film kolosal The Last Legion (2007) sebagai Vatrenus.

Tapi kini dia lebih dikenal berkat perannya sebagai Alliser Thorne di serial HBO Game of Thrones. Jika dilihat, memang Teale lebih banyak membintangi film-film bertema kolosal.

Sebagai Brian, Teale adalah salah satu karakter pemancing tawa di film Dream Horse ini. Sosoknya yang membosankan dan penuh rutinitas menonton TV di rumah saja, berubah menjadi bersemangat ketika mengasuh Dream di kandangnya.

Tidak butuh banyak kata baginya untuk meyakinkan Jan dalam mengambil setiap keputusan, karena ekspresi wajahnya sudah menggambarkan itu semua.

4. Joanna Page sebagai Angela Davies

Aktris asli Wales yang baru saja melahirkan anak keempatnya ini memang tidak memiliki filmography yang panjang. Kita mengenalnya saat dia berperan sebagai salah satu gadis yang diculik di film From Hell (2001), sebagai Judy yang terlibat cinta malu-malu dengan John di Love Actually (2003), dan sebagai bibinya Tommy di film Dolittle (2020).

Baca juga:

Sebagai Angela, Page kurang mendapat menit main yang banyak, tapi kehadirannya mampu memunculkan tensi emosi yang cukup membuat perasaan Howard tertekan.

Tapi setelah menyadari bahwa suaminya melakukan itu semua demi mewujudkan impian ayahnya yang tertunda, Angela lalu mendukung dan menyaksikan kemenangan Dream dari tribun bersama suaminya.

5. Nicholas Farrell sebagai Philip Hobbs

Mungkin kita kurang begitu mengenal aktor asal Inggris ini, padahal dia pernah mendukung film-film legendaris, seperti Chariots of Fire (1981) dan Hamlet (1996). Kita baru menyaksikan kapasitas aktingnya ketika berperan sebagai anggota parlemen Airey Neave di The Iron Lady (2011). Karirnya lebih banyak dihabiskan di banyak serial TV.

Berperan sebagai pelatih kuda balap Philip Hobbs, Farrell menampilkan akting penuh kharisma dan bersahaja. Ucapannya bisa meyakinkan siapa saja, bahkan Jan pun sangat percaya dengan analisanya sebelum memastikan Dream akan turun berlomba.

6. Sian Phillips sebagai Maureen

Aktris senior asal Wales dengan gelar kebangsawanan kelas dua ini sudah memulai karir aktingnya di akhir 1950-an dan hingga kini masih belum ingin pensiun.

Phillips mulai dikenal ketika ikut membintangi film musikal Goodbye, Mr. Chips (1969), lalu sebagai Livia di serial BBC I, Claudius. Phillips juga ikut mendukung dua film legendaris Clash of the Titans (1981) dan Dune (1984).

Digambarkan sebagai salah satu warga yang kaya dan terhormat, Maureen ikut serta menjadi anggota sindikat pemilik Dream Alliance yang selalu mencari-cari Clare Balding, jurnalis ternama di Inggris, di setiap perlombaan yang akhirnya berhasil ditemuinya saat Dream menjuarai Welsh Grand National di akhir film.

7. Karl Johnson sebagai Kerby

karl johnson_

Aktor asli Wales kelahiran 1948 ini memiliki filmography yang cukup panjang, membuktikan keaktifannya di dunia seni peran. Johnson pernah mendukung film The Illusionist (2006), Hot Fuzz (2007), The Death of Stalin (2017) dan lebih dikenal saat berperan sebagai Thomas Turrill di serial BBC Lark Rise to Candleford selama empat season.

Diceritakan, Kerby adalah warga yang kesehariannya hanya diisi dengan nongkrong di bar dan menenggak minuman keras hingga mabuk.

Tapi ketika telah menjadi anggota sindikat pemilik Dream Alliance, dia mulai menata hidupnya ke arah yang lebih baik dan menyisihkan uangnya untuk yang lebih bermanfaat, salah satunya adalah membiayai Dream.

8. Peter Davison sebagai Lord Avery

Aktor asal Inggris ini pertama kali dikenal berkat perannya sebagai Tristan Farnon di serial legendaris BBC All Creatures Great and Small dari tahun 1978 hingga 1990 sebanyak 65 episode.

Dan bagi penikmat serial Doctor Who sudah pasti mengenalnya sebagai inkarnasi kelima sang doctor yang berakting sebanyak 69 episode dari tahun 1982 hingga 1984, dan muncul kembali di salah satu episodenya pada tahun 2007.

Lord Avery yang diperankannya di film Dream Horse ini adalah sosok bangsawan kaya raya pemilik salah satu lintasan pacuan kuda yang kudanya pernah dikalahkan oleh Dream Alliance dalam beberapa perlombaan.

Dia sempat tertarik untuk membeli Dream, tapi tawarannya ditolak oleh Jan. Avery terlihat selalu hadir di setiap perlombaan balapan kuda.

9. Steffan Rhodri sebagai Gerwyn

steffan rhodri_

Nama aktor asli Wales ini memang terdengar sangat tidak familiar, tapi Rhodri ternyata banyak berakting sebagai aktor pendukung di film-film populer, antara lain Submarine (2010), Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 1 (2010) sebagai Reg Cattermole, Ironclad (2011) dan Wonder Woman (2017) sebagai Colonel Darnell.

Di film Dream Horse ini, perannya sebagai Gerwyn cukup banyak mendapat dialog dan menjadi salah satu pemicu konflik di dalam sindikat pemilik Dream. Bar miliknya yang selalu dijadikan tempat rapat juga membuatnya memiliki peran penting sebagai tuan rumah bagi para anggota sindikat, juga warga kota kecil yang dicintainya itu.

10. Di Botcher sebagai Nerys

di botcher_

Aktris asli Wales ini memang jarang bermain film layar lebar dan lebih banyak berkutat di serial TV. Setidaknya, Botcher pernah mendukung serial BBC Sherlock di salah satu episodenya dan lebih dikenal sebagai Aunty Brenda di serial Stella selama 6 season, juga sebagai Jan Jenning di serial medis BBC Casualty dari tahun 2018 hingga sekarang.

Dalam film Dream Horse ini, awalnya Nerys seperti seolah tidak tertarik dengan ide yang diajukan Jan, tapi setelah hadir di rapat sindikat pertama dan setuju, hidupnya menjadi lebih bersemangat dan selalu hadir mendukung Dream di setiap perlombaannya.

Itulah 10 pemain film Dream Horse yang sebagian besar diperankan oleh aktor dan aktris asli Wales, sesuai lokasi syuting dan ceritanya.

Pemeran utama film ini memang dipegang oleh Toni Collette dan Damian Lewis, tetapi seluruh pemeran pendukung bisa memasukkan karakter mereka ke dalam cerita dengan cukup baik, di mana masing-masing karakternya memiliki perubahan positif berkat kehadiran Dream.

Bagi kalian yang suka dengan film bertema olahraga, khususnya balapan kuda, dan ingin memompa semangat juga motivasi, maka film ini harus masuk daftar tonton kalian, ya!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.