Tips Aman Hilangkan Stiker Kaca Mobil Tanpa Tinggalkan Bekas

Suara.com – Stiker di kaca mobil terkadang membuat tampilan seru, namun ada pula yang tiba-tiba dilanda bosan dan ingin mengupasnya.

Hanya banyak pemilik mobil yang khawatir bila melepas stiker akan membuat kaca lecet.

Nah, untuk melepas stiker di kaca mobil sebenarnya ada teknik tersendiri. Seperti dikutip dari Auto2000, berikut cara melepas stiker pada kaca mobil agar tidak meninggalkan bekas.

Cara melepas stiker dari kaca mobil dengan aman:

Baca Juga: CES 2022: Ingin Saingi Tesla, Sederet Carmaker Mobil Listrik China Pinang Teknologi Nvidia

Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Untuk memulai proses membersihkan stiker di kaca mobil, sebaiknya siapkan alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Dimulai dari hair dryer, cairan pembersih dalam ember atau semprotan, kartu bekas (kartu member, kartu perdana), dan dua buah kain lap kering.

Ilustrasi perempuan pakai hair dryer, pengering rambut [shutterstock]
Ilustrasi hair dryer, pengering rambut [shutterstock]

Panaskan area stiker

Selanjutnya mulai panaskan area tempat stiker menempel dengan hair dryer. Fokus paling utama adalah pada bagian pinggirannya karena menjadi tempat awal membuka stiker. Bila tidak memiliki hair dryer di rumah, bisa juga dengan menjemur mobil di bawah panas sinar matahari selama dua atau tiga jam.

Kikis pinggiran stiker

Baca Juga: Goodyear ElectricDrive GT, Ban Khusus Mobil Listrik

Jika area sekitar stiker sudah panas, mulai kikis perlahan bagian pinggirannya dengan kartu bekas yang telah dipersiapkan. Kikis secara hati-hati agar bisa ditarik secara keseluruhan.

Bagian ini memang membutuhkan ketelitian karena bisa saja meninggalkan bekas. Kalau sudah berhasil, tarik keseluruhan stiker hingga bisa terkelupas dengan sempurna.

Siapkan alkohol, cuka, atau cairan adhesive remover

Setelah stiker terlepas, bisa saja ada bekas lem yang tersisa karena bagian lainnya tidak bisa terlepas dengan sempurna. Bila hal ini terjadi, siapkan saja alkohol, cuka, atau cairan adhesive remover.

Larutan cuka, sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Larutan cuka, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Oleskan salah satu cairan tadi ke bagian stiker yang masih menempel pada permukaan kaca, lalu tunggu beberapa menit.

Jika sudah cukup lama, kikis kembali bagian tersebut dengan kartu hingga sisa stiker menghilang secara total. Terakhir bersihkan area bekas stiker dengan air sabun.

Lakukan selama beberapa kali lalu usapkan kain lap kering hingga tidak ada bekas air sabun yang tersisa.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.