MAKI Desak KPK Proses Hukum Aliza Gunado

Jakarta: Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memproses politikus Partai Golkar Aliza Gunado. Hakim persidangan dugaan suap penanganan perkara di Lampung Tengah meminta KPK memproses hukum Aliza.
 
“Itu memang konteksnya KPK malah mestinya dapat vitamin dari hakim kemarin karena itu pernyataan hakim di depan sidang yang terbuka untuk umum,” kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman melalui keterangan tertulis, Kamis, 6 Januari 2022.
 
Boyamin mengatakan Aliza bisa diproses hukum dengan tudingan memberikan keterangan palsu dalam persidangan. Perintah hakim dalam persidangan itu diyakini sebagai lampu hijau untuk KPK memproses hukum Aliza.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Lembaga Antikorupsi diyakini tidak akan menemukan kesulitan dalam mencari bukti dugaan keterangan palsu ke Aliza. Fakta persidangan bisa menjadi bukti Aliza sudah berbohong.
 
Baca: Beri Keterangan Berbeda, Hakim Persilakan Jaksa KPK Proses Hukum Aliza Gunado
 
“Sudah cukup unsurnya dan alat buktinya karena dalam sidang terbuka untuk umum. Ada rekamannya pernyataan Aliza yang berbeda dengan tiga saksi yang lain,” ujar Boyamin.
 
Sementara itu, KPK segera menentukan sikap terhadap Aliza. Lembaga Antikorupsi berjanji bakal melanjutkan perintah hakim.
 
“Tentu apa yang disampaikan hakim tersebut menjadi perhatian serius kami untuk menentukan sikap berikutnya terhadap saksi dimaksud,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri kepada Medcom.id, Selasa, 4 Januari 2022.
 
Ali mengatakan keterangan Aliza sudah dicatat jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK. Jaksa segera menganalisis keterangan Aliza.
 
Sebelumnya, hakim persidangan dugaan suap penanganan perkara di Lampung Tengah menyerahkan nasib saksi sekaligus politikus Partai Golkar, Aliza Gunado, kepada JPU KPK. Aliza terancam diproses hukum karena memberikan keterangan berbeda dari saksi lain.
 
“Penuntut umum silakan disikapi bagaimana sikap penuntut umum terhadap saksi yang bernama Aliza Gunado, silakan,” kata Ketua Majelis Hakim Muhammad Damis dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin, 3 Januari 2021.
 
Damis lepas tangan dengan nasib Aliza. Jaksa dipersilakan memproses Aliza sesuai dengan hukum.
 
“Karena tiga saksi mengatakan bahwa mengenal dan pernah kenal orang namanya Aliza, tetapi dia tadi menyatakan tidak pernah kenal dan tidak pernah mengenal tiga orang ini,” ujar Damis.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.