Dispensasi Karantina Bagi Pejabat Eselon 1 Hingga Anggota DPR Dicabut

Jakarta: Dispensasi karantina bagi pejabat setingkat eselon satu ke atas tidak lagi berlaku. Kebijakan itu juga berlaku bagi pejabat seperti anggota DPR.
 
“Tidak diberlakukan lagi dispensasi pelaksanaan karantina mandiri bagi pejabat yang dimaksud,” kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis, 6 Januari 2021.
 
Wiku mengatakan hal itu diatur dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19. Beleid itu diteken Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Suharyanto pada 4 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



SE teranyar tidak lagi mencantumkan dispensasi karantina maupun pengurangan durasi karantina bagi pejabat eselon satu ke atas. Sebelumnya, pejabat tersebut mendapat dispensasi seperti yang tertuang dalam SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 26 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.
 
“Dengan berlakunya SE ini, maka SE Nomor 26 Tahun 2021 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” tulis salinan SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022.
 
Sebelumnya, anggota DPR Mulan Jameela dan keluarga diduga tidak menjalani karantina setelah pulang dari Turki. Namun, pihak Mulan membantah.
 
Pihak Mulan mengaku menjalani karantina mandiri di rumah. Mereka dapat karantina di rumah lantaran mendapat dispensasi. Sejumlah pejabat diperkenankan karantina di rumah bukan dari pusat karantina.
 
Baca: Mulan Jameela Diduga Tak Karantina, Polda Metro: Pejabat Boleh di Rumah
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *