Carmaker Jepang Berhasil Runtuhkan Dominasi General Motors di Amerika Serikat

Suara.com – Toyota sukses melampaui angka penjualan General Motors sehingga menjadi merek mobil terlaris di Amerika Serikat sepanjang 2021.

Sementara General Motors sebagai produsen asli Negeri Paman Sam harus puas berada di posisi kedua setelah tertinggal sekitar 100 ribuan unit dibanding Toyota.

Melansir Autoblog, Toyota menjual sekitar 2,3 juta unit sepanjang 2021. Sedangkan General Motors, menyusul di bawahnya 2,2 juta unit.

Emblem mobil-mobil Toyota jenis Electric Vechile (EV) [AFP/ Robyn Beck].
Emblem mobil-mobil Toyota jenis Electric Vechile (EV), sebagai ilustrai produk [AFP/ Robyn Beck].

Pencapaian yang berhasil diraih raksasa otomotif asal Jepang ini rupanya sekaligus meruntuhkan kepemimpinan General Motors di negaranya sendiri.

Baca Juga: Ini Harga All-New Toyota Avanza dan Mitsubishi New Xpander Setelah Diskon PPnBM DTP Habis

Awalnya, General Motors selalu menempati posisi teratas untuk urusan penjualan selama 90 tahun terakhir.

Sepanjang 2021, General Motors memang dikabarkan mengalami kesulitan untuk memenuhi pasokan suku cadang.

Hal ini juga turut dirasakan merek otomotif lainnya yang membuat perusahaan berada dalam posisi sulit. Masalah yang dialami juga sama yakni, krisis rantai pasokan, kekurangan chip semikonduktor, dan penghentian sementara aktivitas produksi.

Namun demikian, merek lain seperti Mazda ternyata berhasil mencapai kenaikan sebesar 20 persen 2021. Selain itu, Porsche mengalami peningkatan 22 persen meskipun sempat mengalami kendala di akhir tahun.

Mitsubishi juga mengalami peningkatan penjualan dengan kuartal keempat naik lebih dari 68 persen dibandingkan periode yang sama di 2020.

Baca Juga: Montero Sport Black Series, Ini Dia Mitsubishi Pajero Sport Garang untuk Pasar Filipina

Sepanjang Januari hingga Desember 2021, penjualan pabrikan berlambang tiga berlian ini meningkat hampir 17 persen, dan keempat kalinya merek mencapai 100 ribu penjualan sejak 2007.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *