Bingung Cara Memesan Makanan di Bioskop? Ikuti Cara Berikut!

Menonton film tanpa mengunyah kudapan ringan rasanya tidak afdol ya? Selain kudapan, minuman juga menjadi hukum wajib apabila kita menonton di bioskop; kalau tidak ada kudapan dan minuman rasanya kurang lengkap, pengalaman menonton jadi gak greget. Beberapa bioskop tidak hanya menyediakan pop corn saja loh sebagai kudapannya.

Mereka juga menyediakan menu lainnya seperti fish roll, siomay, dim sum, french fries, grilled sausages, tortilla, hamburger bahkan sampai makanan berat seperti paket fish ‘n chips sampai menu nasi! Keren bukan?

Jadi selama film berlangsung, gak ada lagi deh suara bising di dalam perut. Perut kenyang, aktivitas menonton pun jadi makin senang! Nah, kali ini Bacaterus mau spill nih menu-menu apa saja yang ada di beberapa bioskop ternama di Indonesia sekaligus cara pesannya supaya kalian tidak kebingungan.

1. XXI atau 21 Cineplex

Bioskop_Cinema XXI (Copy)

Bioskop pertama yang akan kita bongkar isi menu counter makanannya adalah XXI. Oh iya, sebelum intip menu makanan dan minuman di sini, kita kenalan dulu yuk sama XXI ini. Bioskop XXI ini sendiri berdiri pada tanggal 21 Agustus 1987. Dulu nama XXI masih asing karena orang-orang mengenalnya sebagai Cinema 21.

Nama 21 sendiri diambil dari lokasi pertama bioskop 21 berdiri yaitu di Jl. Thamrin Kav. 21 oleh pemiliknya yang bernama Bapak Sudwikatmono. Adapun desas-desusnya nama 21 merupakan akronim dari nama pemilik Cinema 21 itu sendiri, yaitu Su(dwi)kat(mono). Bertahun-tahun berikutnya, muncullah nama baru yaitu Cinema XXI membuat Cinema 21 tenggelam.

XXI memiliki konsep bioskop lebih modern, mulai dari display lobby sampai denah studio. Manajemen pun rombak total counter penjualan makanan menjadi lebih catchy. Pembaharuan dilakukan di semua aspek hingga menu makanan dan minuman untuk para pelanggannya.

Per tahun ini, menu makanan dan minuman yang ada di XXI Cafe meliputi popcorn dengan segala ukuran dari yang small size sampai yang extra large, Belgian Waffle, Sistagor (Sosis & Batagor), Chicken Burger, hingga pangsit. 

Untuk minuman, mereka menyediakan lemon tea hingga Milo Dinosaurs. Harga yang dipatok mengikuti budget kalian saja ya. Untuk cara memesannya, kalian bisa datang langsung ke counter makanan dan pesan apa saja yang akan kalian icip. Sedangkan untuk kalian yang tidak mau mengantri, kalian bisa membelinya secara online di aplikasi M-Tix dengan langkah sebagai berikut;

  1. Masuk ke 21cineplex.com atau langsung ke mtix.21cineplex.com pada browser
  2. Login di halaman tersebut dengan no HP dan PIN anda yang terdaftar di M-Tix
  3. Setelah pembelian tiket sukses, langsung klik image F ‘n B (Food & Beverages)
  4. Pilih produk makanan & minuman dan jumlah pesanan yang diinginkan. Setelah itu konfirmasi pesanan kalian
  5. Masukan PIN M-Tix anda dan klik Buy
  6. Anda akan mendapatkan email konfirmasi atas transaksi tersebut

Sebagai catatan, untuk melakukan transaksi via M-Tix, pastikan kalian sudah mendaftar dulu dan sudah jadi member-nya ya. Untuk membuatnya juga cukup mudah, begitu kalian masuk ke website resmi M-Tix, cara bagaimana mendaftar sudah dijelaskan dengan cukup detail sehingga kalian tidak bingung juga.

Baca Juga: Jenis-jenis Studio XXI, CGV dan Cinépolis

2. CGV 

Bioskop_CGV (Copy)

Di urutan nomor dua dari brand bioskop paling terkenal di Indonesia adalah CGV. Dahulu, CGV memiliki nama blitzmegaplex atau CGV blitz sebelum akhirnya mengganti nama dagangnya menjadi CGV yang memiliki arti C (Culture), G (Great), V (Vital). Apa kalian sudah mengetahui hal ini sebelumnya? Kalau belum tahu, sekarang sudah paham ya apa arti dari CGV itu.

CGV selalu menawarkan pengalaman menonton yang baru untuk para penontonnya. Mengingat brand CGV berasal dari Korea karena dibawa naungan perusahaan konglomerasi CJ (CheilJedang), maka film-film Korea terbaru pasti muncul di sini terlebih dulu sebelum akhirnya hak nya dibeli oleh bioskop-bioskop lain selain CGV.

Tak hanya film Korea, film Hollywood atau film Indonesia saja yang tayang di sini, film China sampai Bollywood juga bisa kalian nikmati.

Selagi menonton film dari negara-negara tersebut, yuk kita icip-icip menu makanan dan minuman yang ada disini. Per tahun ini, CGV yang ada di Indonesia menyediakan menu kudapan yang tak kalah menarik dari menu di XXI Cafe.

Kudapan ringan seperti egg rolls, chicken balls, crispy chicken, mini dumplings hingga paket combo popcorn dengan segala ukuran tersedia di bioskop satu ini. Sedangkan untuk minuman tidak jauh berbeda dengan bioskop lainnya, seperti Milo, air mineral, soda sampai lemon tea.

Untuk memesan makanan dan minuman di CGV, kalian punya dua opsi; yang pertama adalah langsung mendatangi counter makanan dan minuman yang biasanya disebut concession. Di sana kalian akan dibantu oleh staf yang dengan senang membantu kalian memesan. Pilihan kedua adalah lewat aplikasi CGV Member atau dari website resmi mereka seperti langkah di bawah ini;

  1. Buka aplikasi CGV dan pilih menu Fast Order (Food and Beverage)
  2. Pilih lokasi CGV dan tanggal pengambilan pesanan
  3. Pilih makanan dan minuman favorit kalian
  4. Lakukan pembayaran dengan metode yang tersedia
  5. Setelah pembayaran berhasil, kalian akan mendapatkan E-Receipt
  6. Silakan menuju Pick-Up Counter di CGV tempat kalian pesan
  7. Scan E-Receipt untuk pengambilan makanan atau minuman kalian
  8. Nomor antrian akan muncul dengan notifikasi proses status “Tunggu” sampai “Ready”
  9. Makanan dan minuman sudah dapat diambil. Selamat menikmati!

Supaya kamu gak bingung, kamu juga bisa mengunduh posternya pada link berikut: CGV Fnb Fast Order.

3. Cinépolis

Bioskop_Cinepolis (Copy)

Bioskop terakhir yang akan kita intip menu makanan dan minumannya adalah bioskop Cinépolis. Mungkin kalian masih kurang familiar ya dengan nama bioskop ini? Dulunya, bioskop Cinépolis memiliki nama Cinemaxx. Cinemaxx sendiri merupakan jaringan bioskop di bawah nama perusahaan PT. Cinemaxx Global Pasifik Tbk., yang dimiliki oleh Cinépolis. 

Baca juga:

Pada tahun 2019 silam, Cinépolis membeli saham Cinemaxx dan berhasil mengakuisisi Cinemaxx hingga di penghujung tahun 2019, Cinépolis me-rebranding Cinemaxx dengan namanya. Sampai saat ini Cinépolis masih terus berkembang untuk mencapai misinya sebagai pemain utama di industri bioskop Indonesia.

Tak mau kalah dengan dua rival pendahulunya, Cinépolis menyediakan menu makanan dan minuman yang juga beragam untuk memanjakan para penontonnya selagi mereka menyaksikan tayangan film di studio Cinépolis.

Di bioskop ini mereka menyediakan menu makanan dan minuman beragam juga, untuk makanan selain popcorn dengan berbagai ukuran, Cinépolis juga menyediakan chicken wonton, chicken nuggets, beef hotdog, nachos hingga french fries.

Sedangkan untuk minuman, Cinépolis memiliki varian yang lebih beragam dari dua bioskop sebelumnya. Ada minuman baru seperti caviar boba, milkshake dengan rasa pisang, bubble gum, coke coffee jelly drink, soda, macam-macam teh dan minute maid.

Lengkap ya? Untuk cara memesan juga tidak jauh berbeda dengan bioskop XXI dan CGV, kalian bisa datang ke counter secara langsung atau memesan lewat aplikasi Cinépolis dengan langkah sebagai berikut;

  1. Masuk ke aplikasi Cinépolis atau langsung ke Cinépolis.co.id pada browser
  2. Login di halaman tersebut dengan no HP dan PIN anda yang terdaftar di aplikasi Cinépolis
  3. Setelah berhasil masuk ke menu utama, pilih menu F ‘n B (Food & Beverages)
  4. Pilih kota dimana kalian akan menonton, bioskop Cinépolis yang kalian kunjungi juga tipe studio yang kalian pilih untuk menonton.
  5. Begitu selesai mengisi kolom di atas, baru kalian bisa memilih produk makanan & minuman dan jumlah pesanan yang diinginkan. Setelah itu konfirmasi pesanan kalian
  6. Lakukan pembayaran
  7. Makanan bisa langsung diambil di counter.

Semudah itu! Jadi kalian sudah hafal ya apa saja menu-menu yang XXI, CGV dan bioskop Cinépolis sediakan; jangan tiba-tiba memesan nasi kuning atau mie instan karena sudah pasti ya tidak akan ada.

Kalian juga sekarang tidak akan kebingungan lagi untuk membeli makanan baik secara on-site maupun dari aplikasi karena semua sudah kita bahas dalam artikel ini. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu kalian ya!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.