Bagheri Kani: Korsel harus Bebaskan Aset Iran!

Wakil Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran untuk Urusan Politik Ali Bagheri Kani mengatakan, Korea Selatan berkewajiban untuk membebaskan aset-aset Iran dan membayar hutang-hutangnya.

“Pemerintah Korea Selatan berkewajiban untuk melepaskan aset dan uang Iran yang diblokir. Sanksi sepihak Amerika Serikat tidak bisa menjadi dalih untuk tidak membayar utang-utang Korea Selatan kepada Iran,” kata Bagheri Kani selama pertemuan dengan Wakil Menlu Korsel Choi Jong Kun di Wina, Kamis (6/1/2022).

Dia menambahkan, penolakan ilegal dan tidak dapat dibenarkan oleh Korsel untuk membayar utangnya kepada Iran akan menjadi titik gelap dan noktah hitam dalam sejarah hubungan kedua negara, dan Seoul harus bertindak sesegera mungkin untuk membebaskan aset dan uang Iran.

Sementara itu, Wakil Menlu Korsel dalam pertemuan tersebut menyinggung pentingnya hubungan antara Seoul dan Tehran. Choi Jong Kun menggatakan bahwa pemerintah Seoul sedang berusaha untuk membayar utang-utangnya kepada Iran.

Pertemuan Wamenlu Korsel dengan mitranya dari Iran di Wina digelar atas permintaan delegasi Seoul dan dalam kerangka konsultasi bilateral biasa antara pejabat kedua negara.

Pembicaraan ini tidak ada hubungan langsung dengan perundingan antara Iran dan Kelompok 4+1 di Wina. (RA)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.