Wisata Kuliner (9)

Fuman sebuah kota indah dan terletak di tengah kebun dan persawahan Provinsi Gilan. Fuman juga dikenal dengan Kota Patung, karena di kota ini banyak dipasang patung serta memberi pemandangan indah bagi kota ini.

Warga Fuman adalah etnis Gilak dan berbicara dengan bahasa Gilak. Berdasarkan catatan sejarah, Fuman memiliki sejarah 2500-3000 tahun, serta dari sisi industri pariwisata dan ekowisata memiliki posisi istimewa di Iran dan bahkan di dunia, serta dari sisi prospek besarnya, menjadi salah satu kutub wisata.

Salah satu daya tarik wisata di Fuman terletak 20 km dari kota ini. Sebuah benteng bersejarah yang bernama Benteng Roodkhan. Para arkeolog menyebut benteng ini dibangun di era pemerintahan Sasanian antara tahun 224 hingga 651 Masehi.

Benteng Roodkhan yang terletak di antara pegunungan dan hutan Provinsi Gilan, memiliki karakteristik istimewa, yakni sepanjang sejarah belum pernah ditaklukkan musuh dan sulit untuk ditembus. Hal ini membuat para ahli terkejut.

Benteng kuno ini terdiri dari berbagai bagian termasuk dua arsenal. Argh adalah tempat tinggal penguasa saat itu dan keluarganya, sementara Qorkhoneh adalah barak dan tempt tinggal tentara. Di bagian lain benteng terdapat sejumlah pintu masuk, ruang pendingin, kamar mandi, kolam, gudang air, menara pengawas, sejumlah kamar pengintai, sejumlah rumah, menara dan lain-lainnya.

Kota Fuman, seperti kota-kota lain di provinsi Gilan, memiliki banyak variasi makanan dan menarik para pecinta wisata kuliner. Kue-kue Fuman yang lezat, yang dikenal sebagai ” Koloocheh Fuman” (sejenis kue), adalah manisan paling terkenal di kota ini, yang selalu mempermanis lidah para wisatawan. Kue yang terkenal tidak hanya di kalangan masyarakat Fuman tetapi juga di antara kota-kota lain di Iran. Di masa lalu, para wanita Fumani biasa membuat kue lezat ini di rumah mereka, tetapi sedikit demi sedikit, kue Fumani mendapatkan banyak penggemar dan sekarang disiapkan dan dijual di seluruh Iran.

Memanggang kue ini sedikit sulit dan selain adonan, Anda juga harus menyiapkan bahan-bahan di dalam kue. Anda membutuhkan tiga jenis minyak untuk menyiapkan bahan-bahan di dalam kue; Yaitu, siapkan 20 gram mentega atau minyak hewani, 90 gram minyak murni, 35 gram minyak cair. Siapkan juga 4 sendok makan kenari cincang, 500 gram gula pasir kasar, 2 sendok makan kayu manis, seperempat sendok teh kapulaga, seperdelapan sendok makan vanili dan 300 gram tepung di bagian akhir.

Tetapi untuk menyiapkan adonan kue ini menjadi 1 kg tepung, dibutuhkan baking soda seperempat sendok teh, baking powder seperdelapan sendok teh, minyak kembang gula halus 240 gram, minyak padat 40 gram, minyak cair 50 gram, safran cair seperempat sendok makan dan 400 ml air!

Cara memasak Koloocheh Fuman

Pertama-tama ketiga minyak dicampur dengan gula dan kemudian dikocok. Hati-hati saat mengocok bahan, jangan sampai gula larut karena akan membuat kue menjadi jus. Setelah tercampur dengan baik adonan tersebut, tambahkan kayu manis, kapulaga dan vanili. Setelah adonan menjadi ringan, tambahkan tepung. Selanjutnya tiba giliran untuk mempersiapkan bahan dalam kue.

Campur tepung, baking soda dan baking powder di wadah besar dan dalam serta aduk hingga rata. Kemudian gali di tengahnya dan tuangkan tiga jenis minyak dan safran di tengah tepung dan aduk. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan cair. Bila adonan sudah tidak menempel lagi di tangan, adonan sudah siap, lalu uleni sedikit dan masukkan ke dalam wadah tertutup selama 20 menit hingga mengembang.

Setelah adonan mengembang, keluarkan bola-bolanya dan pipihkan dengan penggilas adonan dan tuangkan beberapa bahan di dalam kue ke dalamnya dan kumpulkan dengan tangan dan buat menjadi bentuk bulat. Kue Fuman memiliki segel/pola khusus yang membuatnya unik, tetapi Anda dapat menempelkan segel apa pun di atasnya. Kemudian oleskan telur kocok dan safrab di atas kue dan masukkan ke dalam oven pada suhu 260 derajat celcius selama setengah jam. Dengan cara ini, Anda dapat merasakan cita rasa kue Fuman yang menyenangkan di rumah.

Koloocheh Fuman

Turis yang bepergian ke provinsi utara Iran harus memasukkan bawang putih ke dalam makanan mereka. Bawang putih, yang digunakan dalam berbagai bentuk dalam berbagai masakan utara, merupakan salah satu ciri utama masakan lokal. Di antara jenis makanan yang menggunakan bawang putih, kita dapat menyebutkan acar daun bawang atau asinan, sirvavij, Mirza Ghasemi, ayam asam dan telur bawang putih. Bawang putih juga digunakan sebagai acar bersama dengan hidangan lokal. Selain bawang putih sendiri, warga Gilan juga menggunakan daun bawang putih.

Daun bawang putih memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kita dan mengandung zat besi, vitamin C, tembaga, kalsium, selenium, vitamin B6 dan mangan dalam jumlah besar dan membantu menjaga sirkulasi darah dan kesehatan jantung, serta mengontrol kadar kolesterol dan lemak.

Gilani menyiapkan masakan yang berbeda menggunakan bawang putih dan daun bawang putih.Salah satu masakan paling sederhana ini disebut rebusan “Sirabij” atau “Sirvavij”, yang sangat sederhana dan populer.

Koloocheh (kue) Fuman

Sirvavij dapat disajikan dengan nasi atau roti. Untuk menyiapkan hidangan lezat ini, tambahkan tiga ikat daun bawang putih (300 g), tiga butir telur, dan sedikit minyak, dan jika diinginkan, 100 g mentega, garam, cabe, dan sedikit minyak serta kunyit.

Pertama, cincang daun bawang putih secara merata dengan pisau tajam di papan. Cobalah untuk memotong daun bawang putih dengan ukuran yang sama untuk membuat rebusan terlihat lebih baik. Kemudian cuci bersih setelah dihaluskan dan tuangkan ke dalam saringan sampai airnya benar-benar terserap. Tumis daun bawang dengan sedikit minyak. Panaskan saja, bukan goreng, lalu Anda bisa menambahkan 100 gram mentega.

Kemudian tambahkan kunyit ke dalam wajan untuk meringankan daun bawang putih. Kemudian tambahkan garam dan bubuk cabe. Perhatikan bahwa menambahkan cabe sepenuhnya tergantung pada selera Anda. Tapi cabe membuat rasa rebusan lebih menarik. Terakhir masukkan telur dan aduk segera. Jangan biarkan telur matang. Ketika telur telah memakan bawang putih, rebusan bawang putih Anda sudah siap. Rebusan yang lezat ini mudah disiapkan. Makanan yang memiliki banyak nutrisi selain kesederhanaan.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.