3 Berita Terpopuler Gaya: Kemenkes Terbitkan Surat Edaran Soal Omicron Hingga Fashion Si ‘Istri Tersakiti’

Jakarta: Kasus covid-19 varian Omicron terus menaik. Kementerian Kesehatan mencatat kini sudah ada 254 kasus terdiri dari 239 kasus dari pelaku perjalanan internasional (imported case) dan 15 kasus transmisi lokal.

Covid-19 varian Omicron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan varian Delta. 

Sejak ditemukan pertama kali pada 24 November 2021 di Afrika Selatan, kini Omicron telah terdeteksi di lebih dari 110 negara dan diperkirakan akan terus meluas. 

Di level nasional, pergerakan Omicron juga terus meningkat sejak pertama kali dikonfirmasi pada 16 Desember 2021.

Sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah dalam mencegah serta mengendalikan penularan varian Omicron. Kementerian Kesehatan menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.01/MENKES/1391/2021 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron (B.1.1.529) yang ditandatangani Menteri Kesehatan pada 30 Desember 2021. 

Terbitnya aturan ini, menurut Kemenkes, dilakukan untuk memperkuat sinergisme antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, SDM Kesehatan dan para pemangku kepentingan lainnya sekaligus menyamakan persepsi dalam penatalaksanaaan pasien konfirmasi positif covid-19.

Berikut ini, Medcom.id/gaya merangkum berita menarik yang terjadi sepanjang Selasa, 4 Januari 2022:
 

1. Kasus Meningkat, Kemenkes Terbitkan Surat Edaran Pengendalian Varian Omicron

Sejak ditemukannya kasus covid-19 varian Omicron, angka postifnya terus bertambah. Berdasarkan update kasus konfirmasi Omicron, Kemenkes mencatat ada 92 kasus konfirmasi baru pada 4 Januari 2021. 

Kini total kasus Omicron menjadi 254 kasus terdiri dari 239 kasus dari pelaku perjalanan internasional (imported case) dan 15 kasus transmisi lokal. 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa penambahan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia masih didominasi oleh WNI yang baru kembali dari perjalanan luar negeri. 

“Mayoritas (penularan) masih didominasi pelaku perjalanan luar negeri. Dari hasil pemantauan, sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. Gejala paling banyak adalah batuk (49 persen) dan pilek (27 persen),” kata dr Nadia. 

Selengkapnya klik di sini
 

2. Rekomendasi IDAI Mengenai Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka

Memasuki tahun ajaran baru yang dimulai pada Januari 2022 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merilis rekomendasi terbaru terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk anak sekolah.

Berdasarkan keterangan tertulisnya, dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), selaku Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa rekomendasi terbaru ini dirilis dengan mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya karena berdasarkan pengalaman yang terjadi sebelumnya, setiap habis libur maka kasus covid-19 akan meningkat tidak hanya pada dewasa namun juga pada anak.

Selengkapnya klik di sini
 

3. Ini Gaya Fashion Putri Marino, ‘Istri Tersakiti’ di Serial Layangan Putus

Akhir-akhir ini, serial Layangan Putus besutan MD Entertainment tengah menjadi perbincangan publik. Pasalnya, masyarakat jadi terbawa perasaan ‘baper’ berkat akting Reza Rahadian dan Putri Marino yang apik sebagai pasangan suami istri yang diterpa masalah perselingkuhan. 

Selain cerita yang menarik karena berdasarkan kisah nyata, peran Putri Marino sebagai Kinan adalah yang paling menonjol. Putri sangat piawai membawakan karakter seorang istri yang tersakiti karena diselingkuhi oleh suami ketika ia sedang hamil tua. Jadi, bagaimana sih gaya fashion si ‘istri yang tersakiti’ ini?

Selengkapnya klik di sini
(TIN)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *