Mobil Vaksin GEBER Diharapkan Sandiaga Uno Bakal Pulihkan Ekonomi Nusa Tenggara Barat

Suara.com – Mobil Vaksinasi Gerak Bersama atau GEBER Keliling dilepas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ia mengharapkan kehadiran kendaraan ini dapat mendorong percepatan vaksinasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) agar terjadi pemulihan ekonomi di provinsi itu.

Dikutip dari kantor berita Antara, kegiatan ini juga ditujukan untuk mempercepat kekebalan komunal di Indonesia dapat segera tercapai dan menghindari ketimpangan vaksin antar daerah.

“Kita harus percepat eksekusi dan implementasi program agar kebijakan kita membangun kembali ekonomi masyarakat bisa kita selesaikan dengan komprehensif,” ujarnya secara virtual saat melepas mobil vaksin Geber yang saat ini berada di Bali sebagaimana dipaparkan dalam keterangan pers, di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Menteri Parekraf, Sandiaga Uno saat ditemui usai meluncurkan mobil vaksin keliling. (Restu Fadilah/Suara.com)
Menteri Parekraf, Sandiaga Uno saat ditemui usai meluncurkan mobil vaksin keliling. (Restu Fadilah/Suara.com)

Percepatan vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat umum di NTB diarahkan untuk mengejar angka pencapaian vaksinasi di NTB yang belum mencapai target.

Baca Juga: Pemanfaatan Insentif Pajak 2021 Capai Rp 68,32 Triliun, Sektor Otomotif Ada di Angka Ini

Usai menyasar wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali, mobil vaksin Geber keliling akan bergerak menuju ke NTB.

Adapun beberapa kabupaten yang dikunjungi ialah Lombok Timur, Lombok Barat dan Tengah seputar Mandalika, Desa Gerupuk, Desa Rembitan, Desa Dusun Sade, Desa Sembalun, maupun desa lainnya yang masih rendah tingkat vaksinasinya.

Oleh karena itu, Menparekraf mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang turut berkolaborasi dalam menghadirkan mobil vaksin Geber. Antara lain Homecare24, Antis, Holywings Indonesia, Eiger Adventure Land, RedDoorz Indonesia, dan GBI Glow.

“Lebih dari 100 lokasi dan mobil vaksin keliling ini sudah mendatangi 46 titik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Terbukti efektif untuk mengejar target sasaran di kawasan khususnya di pedesaan, desa wisata, maupun sentra ekonomi kreatif,” jelas Menparekraf.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi menyampaikan siap mendukung dan membantu program mobil vaksin Geber ini.

Baca Juga: Kemacetan Rantai Pasokan Berkurang, Produk Industri Otomotif Jepang Melonjak Bulan Lalu

Pada vaksin tahap pertama, angka pencapaian vaksinasi di semua kabupaten dinyatakan terpenuhi di atas 70 persen. Tetapi, untuk tahap kedua baru Kota Mataram dan Lombok Utara yang melebihi 70 persen.

“Sementara Lombok Barat, Timur, dan Tengah yang di mana area tersebut menjadi core event dari MotoGP masih 56-60 persen. Sehingga, nanti untuk Geber vaksin di NTB kita akan fokus di tiga kabupaten ini,” pungkas Yusron Hadi.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *