[Cek Fakta] Video Perempuan Bercadar Masuk Gereja Membawa Tas Mencurigakan Hoaks, Begini Faktanya

Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan seorang perempuan bercadar mencurigakan masuk ke Gereja Eppata Banjarmasin dengan tas yang ditaruh di pot bunga. Video itu menyebar lewat pesan berantai, beberapa waktu lalu.
 
Pada video berdurasi 50 detik itu disertai narasi yang isinya meminta untuk berhati-hati saat malam kebaktian Natal di gereja. Berikut narasi yang beredar:
 
“Keluargaku semuaan hati-hati kita yang kebaktian malam Natal digereja ni pagi ini SDH ada seorrang perempuan bercadar yang mencurigakan masuk ke teras gereja Eppata Banjar asin bawa ttas diaruhya dipor bunga lalu orangnya menelpon dg hp lalu lari masuk ke mobil”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah klaim pada video tersebut? Berikut cek faktanya.

[Cek Fakta] Video Perempuan Bercadar Masuk Gereja Membawa Tas Mencurigakan Hoaks, Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan seorang perempuan bercadar mencurigakan masuk ke Gereja Eppata Banjarmasin adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak kepolisian.
 
Dikutip dari akun Instagram resmi Humas Polda Kalimantan Tengah, pesan tersebut merupakan hoaks atau berita palsu. Menurut keterangan Kabidhumas Polda Kalsel melalui Kasubbid PID Hamsan, kejadian tersebut pada tanggal 20 Desember 2021 sekitar pukul 12.45 WITA di Gereja Eppata Banjarmasin.
 
“Ibu dalam video tersebut mau mengantar pesanan Tumpeng ke kantor Kejati Kalsel karena ada salah satu pejabat di Kejati sedang ulang tahun. Tapi ibu tersebut salah masuk kantor Kejati yang berada tidak jauh dari Gereja Eppata,” jelas Hamsan, Jumat 24 Desember 2021, malam.
 

[Cek Fakta] Video Perempuan Bercadar Masuk Gereja Membawa Tas Mencurigakan Hoaks, Begini Faktanya
 

Baca Juga: [Cek Fakta] Foto Wanita Bercadar Mencari Pria yang Ingin Kawin Kontrak? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan seorang perempuan bercadar mencurigakan masuk ke Gereja Eppata Banjarmasin adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak kepolisian.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Video Perempuan Bercadar Masuk Gereja Membawa Tas Mencurigakan Hoaks, Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CX3mmR9pNuK/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *