Unhan Bersama KRBiotech dan Konkuk University Teliti Alternatif Vaksin Covid-19

Jakarta: Universitas Pertahanan (Unhan) resmi menjalin kerja sama dengan KRBiotech dan Konkun University, Korea. Kerja sama bertujuan melaksanakan penelitian vaksin covid-19 melalui Uji Klinik Fase 1, 2, dan 3 Vaksin SARS-CoV-2 dengan platform DNA virus dan vector Baculovirus.
 
Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Octavian mengatakan, kerja sama ini juga meliputi pertukaran staf pengajar dan peneliti untuk melengkapi kegiatan program studi yang ditawarkan oleh masing-masing institusi. Lalu, proyek dan publikasi penelitian bersama.
 
“Partisipasi dalam konferensi internasional, seminar, simposium, lokakarya, dan kegiatan lain yang disepakati oleh kedua institusi, dan, pertukaran materi akademik serta informasi lainnya,” kata Amarulla dalam keterangannya, Senin, 3 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Pokja Genetik UGM Belum Deteksi Varian Omicron di DIY
 
CEO KRBiotech Young Bong Kim menyatakan, vaksin dengan vector Baculovirus ini telah terbukti keamanan dan khasiatnya pada model hewan hamster (golden syrian hamster) dan mencit (BALB/c). Pada uji yang dilakukan, Baculovirus tidak menyebabkan kematian pada dua kali imunisasi primer (100 persen survival rate).
 
“Vaksin ini terbukti berkhasiat untuk memicu imunitas mukosal, humoral, dan selular pada hewan uji yang dipajani intranasal virus SARS-CoV2,” kata Young Bong Kim.
 
Ia menambahkan, imunitas mukosal berfungsi untuk mencegah penetrasi virus ke membran mukosa. Imunitas humoral digunakan untuk menginduksi netralisasi virus SARS-CoV2 oleh antibodi-anti-SARS-CoV2. Imunitas selular berfungsi untuk menekan replikasi virus yang infeksius terhadap tubuh inang. 
 
“Oleh karena itu, dengan pertimbangan keamanan dan khasiat tersebut, maka vaksin SARS-CoV2 ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai salah satu alternatif vaksin demi menurunkan angka penularan covid-19,” ujar Young Bong Kim.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.