Kementan Tutup 2021 dengan Ekspor Produk Pertanian Rp14 Triliun ke 124 Negara

Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) RI melepas ekspor pertanian sebanyak 1,3 ton dengan nilai Rp14,4 triliun ke 124 negara. Ekspor pertanian tersebut berasal dari 34 provinsi di Indonesia. 
 
Peluncuran tersebut diselenggarakan pada acara Gebyar Ekspor di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat, 31 Desember 2021.
 
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan pelepasan ekspor ini sebagai penanda bahwa semua daerah di Indonesia kini telah berhasil melakukan ekspor. Diproyeksikan pada tahun depan, ekspor meningkat mencapai tiga kali lipat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sektor pertanian dalam dua tahun terakhir ini pada masa pandemi covid-19 menjadi penyangga utama pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data BPS, hanya PDB di sektor pertanian yang bertumbuh positif pada kuartal II/2020 yakni 16,4 persen. Sementara, sektor lainnya mengalami kontraksi.
 
Nilai ekspor pertanian pada rentang Januari hingga Desember 2021 sebesar Rp451,77 triliun, naik 15,79 persen dibanding 2019 sejumlah Rp390,19 triliun. Kinerja sektor ini pun ditunjukan positif dengan tidak ada impor beras dalam dua tahun terakhir. 
 
“Kita tahun ini punya surplus beras 9 juta ton. Oleh karena itu, untuk memperkuat sektor pertanian ke depannya kami butuh pengawalan dari kepolisian,” kata Mentan Syahrul.
 
Capaian ini menuai apresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Prestasi Kementan mampu menjadi sektor pertanian sebagai penyelamat pertumbuhan ekonomi nasional pada masa pandemi hingga saat ini merupakan prestasi yang luar biasa sebab dibuktikan oleh kepolisian di lapangan dengan melakukan pengecekan stok pangan setiap tiga bulan. 
 
“Kami dari kepolisian siap bersinergi melakukan pengawalan untuk memperkuat stok pangan nasional. Pak Menteri menyampaikan pada 2022 akan ekspor beras, jika ini terjadi tentunya memecahkan rekor. Adanya stok beras 9 juta tentu membuat negara ini tenang dan tidak perlu impor,” ucap Listyo.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *