Goodyear ElectricDrive GT, Ban Khusus Mobil Listrik

Suara.com – Bila carmaker berbondong-bondong menggarap segmen mobil listrik, maka perusahaan pendukung komponen otomotif juga melakukan persiapan bermodalkan teknologi mutakhir. Seperti yang dilakukan Goodyear, bersama produknya Goodyear ElectricDrive GT.

Dikutip kantor berita Antara dari laman resmi perusahaan di pemungkas tahun lalu, Goodyear mendukung perkembangan industri kendaraan terelektrifikasi atau Electric Car (EV) lewat ban yang dikhususkan untuk kendaraan listrik, ElectricDrive GT.

ElectricDrive GT dipaparan sebagai ban performa tinggi yang serasi di segala dan sangat ideal untuk kendaraan listrik. Di mana mobil EV biasanya menghasilkan angka torsi tinggi namun lebih berat daripada bobot mobil bertenaga ICE (Internal Combustion Engine) atau mesin konvensional.

Tesla Model Y, diabadikan di San Francisco, California, Amerika Serikat, sekitar Januari 2020 [Shutterstock].
Tesla Model Y, yang bisa dipadankan dengan ban Goodyear ElectricDrive GT [Shutterstock].

“Kendaraan listrik menghadirkan serangkaian persyaratan yang sangat spesifik untuk beban, torsi, kebisingan, jangkauan, hambatan gelinding, dan kinerja keseluruhan,” jelas Wakil Presiden, Pengembangan Produk Goodyear Americas, David Reese.

Baca Juga: Tahun Ini, China Siap Pangkas Subsidi Mobil Listrik 30 Persen

Goodyear sangat megoptimalkan desain ban ini sehingga mampu tahan lama terhadap keausan tapak, serta memiliki pola tapak asimetris yang memberikan traksi dan penanganan mumpuni di jalan basah maupun kering.

Selain itu, SoundComfort Technology dari Goodyear disematkan pada ban, membantu mengurangi kebisingan jalan, fitur setara EV karena powertrain tidak menghasilkan suara atau senyap.

Manajer pemasaran produk, Andrew Lau mengatakan bahwa pertumbuhan yang berkelanjutan di segmen EV, Goodyear menyadari peluang untuk menyediakan ban yang dirancang untuk kebutuhan unik kendaraan EV.

“Dengan menetapkan kelompok sasaran sebagai pengemudi EV yang mencari pengganti ban ini akan menghasilkan treadwear yang disempurnakan tanpa harus mengorbankan performa,” jelasnya.

Mulai tahun ini, Goodyear ElectricDrive GT tersedia dalam dimensi 255/45R19 104W XL, yang ideal untuk Tesla Model 3 dan Model Y. Sepanjang 2022, Goodyear akan memperluas jangkauan ElectricDrive dengan produksi lebih banyak ban dalam berbagai ukuran.

Baca Juga: Porsche: Dimensi Baterai Mobil Listrik Penting Wujudkan Netralitas Karbon

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.