Bikin Penasaran, Ternyata Segini Mahalnya Harga Bus Double Decker

Suara.com – Sudah pernah denger bus double decker atau bus tingkat? Kini, bus jenis sudah mulai tren di Indonesia. Kira-kira berapa ya harga bus double decker? Bagi yang penarasan, simak berikut ini ulasannya.

Diketahui, bus double decker atau yang dikenal juga dengan bus ‘dek ganda’ ini sedang menjadi tren transportasi di Indonesia. Banyak PO (Perusahaan Otobus) yang tertarik menggunakan bodi berkabin ganda tersebut. 

Bus double decker ini dibandrol dengan harga yang relatif mahal. Meski mahal, bus jenis ini dilengkapi banyak keunggulan jika dibandingkan dengan bus single deck pada umumnya. 

Adapun beberapa keunggulan bus double decker ini yaitu dapat digunakan banyak kelas, mulai dark sleeper, super eksekutif, sampai eksekutif. Bukan hanya itu, bus tingkat juga biasanya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan super canggih.

Baca Juga: SPKLU Denpasar Diresmikan, Siap Sambut Delegasi G20

Bus dengan dek ganda ini terlihat gagah dengan tinggi yang menjulang sekitar 4 meter. Untuk mempunyai bus jenis ini, sasis yang digunakan juga tidak sembarangan, perlu tenaga ekstra dengan GVW (Gross Vehicle Weight) 25 ton. 

Maka, tak heran jika hanya sasis  triple axle atau tronton yang mampu memenuhi syarat tersebut. Diketahui, ada beberapa merek untuk sasis Tronton yang bisa digunakan bus double decker di Indonesia, di antaranya: MAN, Mercedes Benz, Volvo, dan Scania. 

Harga Bus Double Decker

Ilustrasi bus double decker. (Pexels/Olga Lioncat)
Ilustrasi bus double decker. (Pexels/Olga Lioncat)

Melansir dari berbagai sumber, untuk bodi bus double decker ini dikenai harga sekitar Rp800 juta. Harga tersebut untuk ruang VVIP, ruang sleeper, dan pembuatan space frame. Namun, belum termasuk AC, kursi, toilet, serta smoking room.

Untuk fasilatas seperti AC, maka ada biaya tambahan lagi dan harganya tergantung model dan merek AC yang digunakan. Adapun kisaran harganya antara Rp 125 juta hingga Rp 240 jutaan.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru Volume Kendaraan di Jalur Puncak Cianjur Meningkat

Sedangkan untuk fasilitas kursi bus tingkat, biasanya terdapat perbedaan kelas pelayanan antara dek atas dan bawah. Adapun harganya kisaran Rp 1,5 juta hingga Rp 25 juta, tergantung dengan merek dan modelnya.

Nah, jika dikalkulasikan dengan sasis tronton dengan kisaran harga Rp 1,9 miliar, maka satu unit bus double decker bisa dikenai harga Rp 2,7 miliar. Ditambah lagi fasilitas seperti AC, kursi, maupun opsi lainnya. 

Jika para PO bus yang ingin memiliki bus jenis ini, setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rp 3 miliar hingga Rp 4 miliar untuk per satu unit bus double decker.

Demikian informasi mengenai harga bus decker yang cukup fantastis dan fasilitas yang nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.