Cara Mengatasi Kaca Mobil Mengembun Saat Mengaspal di Musim Penghujan

Suara.com – Kaca mobil mengembun sangatlah mengganggu, terutama sektor visibilitas bagi pengemudi. Karena ketika air hujan mengguyur kaca mobil, maka jarak pandang ke depan jadi terbatas.

Nah, di musim hujan seperti sekarang, visibilitas pengemudi perlu mendapatkan perhatian utama. Yaitu kondisi kaca mengembun diantisipasi.

Walaupun ada fitur wiper, tidak jarang terdapat beberapa masalah lain yang membuat jarak pandang pengemudi menjadi terganggu saat hujan. Salah satu masalah adalah kaca mengembun, bisa terjadi di luar atau dalam kaca.

Pemakaian wiper di saat hujan, gerakan berulang, bisa jadi ada kotoran atau debris tajam ikut menggores permukaaan. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/astrakanimages].
Pemakaian wiper di saat hujan, gerakan berulang, bisa jadi ada kotoran atau debris tajam ikut menggores permukaaan. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/astrakanimages].

Kondisi ini tidak hanya terjadi pada kaca depan, kaca bagian samping hingga belakang juga bisa muncul embun yang sangat mengganggu.

Baca Juga: Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi Selama Libur Nataru, Ini Imbauan Kakorlantas Polri

Pada saat mengemudi di daerah pegunungan yang dingin atau setelah hujan, kaca yang mengembun bisa saja terjadi. Namun embun di kaca sebenarnya bisa diatasi. Dikutip dari HSR Wheel, begini cara mengatasinya.

Jika embun muncul di bagian dalam kabin mobil, maka ini artinya suhu di luar lebih dingin. Maka cara menghilangkan embun pada kaca ini adalah dengan menyetel suhu AC ke posisi yang lebih dingin dengan 1 blower saja.

Cara operasikan ac mobil. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Operasikan AC mobil untuk mengurangi terjadinya embun [Shutterstock].

Berbeda ketika embun ini muncul di bagian luar kaca depan, ini artinya suhu di dalam kabin terlalu dingin dibanding di luar mobil. Cara menghilangkan embun cukup dengan menurunkan suhu AC mobil sembari mengamati perubahan embun yang ada.

Jadi, perlu trial sendiri untuk settingan AC nya karena suhu di luar mobil berbeda-beda di setiap kondisi.

Baca Juga: All-New Yamaha R15M Livery Khusus Tersedia Dalam Jumlah Terbatas?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.