29 sekolah di Kaltim terima Penghargaan Adiwiyata

prestasi yang membanggakan dan menambah jumlah perolehan sekolah Tingkat Nasional dan Mandiri

Samarinda (ANTARA) – Sebanyak 29 sekolah di Provinsi Kalimantan Timur menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK)  yaitu Pengjaragaan Adiwiyata, dengan kategori Sekolah Adiwiyata Nasional sebanyak 24 sekolah, dan Sekolah Adiwiyata Mandiri sebanyak lima sekolah.

“Sebelum meraih penghargaan itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim pada 2021 telah melakukan seleksi administrasi terhadap pengusulan Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSAM) yang disampaikan oleh Kabupaten/Kota. Alhasil, 29 sekolah meraih penghargaan dari KLHK RI,” kata Kepala DLH Kaltim H EA Rafiddin Rizal dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Minggu.

Baca juga: Sekolah binaan PLTU Batang raih penghargaan tingkat nasional

Rizal menjelaskan proses sebelum menerima penghargaan itu, dilakukan penilaian dan seleksi administrasi, diperoleh CSAN dan CSAM yang memenuhi persyaratan yang kemudian dilakukan penilaian lebih lanjut oleh Dewan Pertimbangan Adiwiyata (DPA) Puslatmas PGL-KLHK RI.

Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan oleh DPA PUSLATMAS PGL-KLHK RI, sesuai dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor SK.1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021, tentang penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021.

Baca juga: Menteri LHK: Pendidikan lingkungan menyatu di sekolah dan masyarakat

Juga Keputusan Menteri LHK Nomor SK.1078/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021, tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2021, ditetapkan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dan Tingkat Mandiri Provinsi Kaltim Tahun 2021.

“Penghargaan yang diterima sejumlah sekolah di Kaltim, merupakan prestasi yang membanggakan dan menambah jumlah perolehan sekolah Tingkat Nasional dan Mandiri dengan perolehan penghargaan dari tahun 2019-2021 Adiwiyata tingkat Nasional berjumlah 129 sekolah dan sekolah tingkat Mandiri berjumlah 50 sekolah,” ungkapnya.

Baca juga: Menteri LHK: Kaum muda berperan penting dalam pelestarian lingkungan

Selanjutnya, DLH Provinsi siap memfasilitasi dan mendukung Adiwiyata pada semua tingkatan, dari Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi, Tingkat Nasional dan Tingkat Mandiri.

Ia menambahkan penyerahan penghargaan kepada Sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri telah dilakukan pada, Jumat (24/12/2021), secara virtual oleh Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar.

Baca juga: KLHK anugerahkan Adiwiyata 2021 pada sekolah peduli lingkungan

Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia yang memiliki kepedulian dan berbudaya lingkungan hidup.

Hal itu diperlihatkan dengan penerapan sikap ramah lingkungan hidup oleh warga sekolah dan keberhasilan meningkatkan kualitas lingkungan hidup baik di lingkup sekolah maupun wilayah sekitarnya.

Baca juga: SDIT At-Taqwa sabet nilai tertinggi Sekolah Adiwiyata 2021 Riau

Pewarta: Arumanto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.