Tips Aman dan Nyaman Bepergian Bermobil Saat Libur Nataru

Suara.com – Momen libur Natal dan Tahun Baru atau Libur Nataru banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pergi berlibur ke berbagai tempat yang menyenangkan bersama orang-orang tersayang.

Sebelum melakukan perjalanan, pemilik mobil sebaiknya melakukan sejumlah persiapan kendaraan. Lantas di perjalanan sendiri menerapkan afety driving dalam mengemudi.

Hal ini bertujuan agar para penumpang merasakan perjalanan yang aman dan menyenangkan, serta meminimalisir risiko timbulnya kendala selama perjalanan.

Sebelum melakukan perjalanan, DFSK membagikan panduan untuk perawatan kendaraan yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan. Berikut detailnya:

Mengecek Kondisi Oli Mesin

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah melakukan pengecekan oli mesin. Pemilik kendaraan bisa mengecek melalui dipstick oli yang ada di ruang mesin kendaraan.

Baca Juga: Polisi Berlakukan CFN Saat Libur Nataru, Berlangsung Sampai Pergantian Tahun Baru

Ilustrasi mengisi oli mesin mobil (Shutterstock).
Ilustrasi mengisi oli mesin mobil (Shutterstock).

Apabila oli mesin yang tidak mencapai batas minimal di dipstick oli, pemilik kendaraan bisa menambahkan dengan oli yang sama. Selain itu, bisa dicek juga di bagian kolong mesin, apakah ada kebocoran atau tidak.

Memastikan Tekanan Angin Ban

Tekanan angin harus sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh pabrikan. Jangan sampai tekanan angin di ban kekurangan ataupun kelebihan. Pemilik mobil bisa mengecek tekanan angin yang sudah ditetapkan oleh pabrikan melalui stiker yang ada di dalam pintu mobil pengemudi.

Memeriksakan Likuid atau Cairan Kendaraan

Sebuah mobil bisa dikendarai secara maksimal dan optimal berkat kinerja sejumlah cairan di dalamnya.

Pemakaian wiper di saat hujan, gerakan berulang, bisa jadi ada kotoran atau debris tajam ikut menggores permukaaan. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/astrakanimages].
Pemakaian wiper di saat hujan, gerakan berulang, bisa jadi ada kotoran atau debris tajam ikut menggores permukaaan. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/astrakanimages].

Jadi, jangan lupa untuk memeriksa cairan radiator, minyak rem, dan air wiper. Apabila sudah berkurang, pemilik kendaraan bisa menambahkan cairan yang sesuai spesifikasinya.

Membersihkan Kabin Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa untuk membersihkan kabin kendaraan agar nyaman untuk ditumpangi.

Baca Juga: Libur Nataru, Polda DIY Berlakukan Sistem Ganjil Genap untuk Jalur Wisata

Kebersihan harus dijaga dan jangan sampai banyak sisa makanan yang berserakan karena bisa mengundang hewan untuk datang.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.