Penyebab Motor Matic Tarikan Berat dan Bergetar, Wajib Disimak

Suara.com – Ketika berkendara dengan motor matic tentu pengalaman yang diharapkan adalah perjalanan yang nyaman, minim gangguan, serta praktis. Namun tak jarang muncul getaran ketika mulai berjalan, atau tarikan terasa berat. Nah, penyebab motor matic tarikan berat dan bergetar ini sebenarnya cukup sederhana.

Motor matic secara umum menggunakan perangkat yang disebut CVT sebagai penyalur tenaga mesin ke roda belakang. Ketika proses ini berjalan lancar, maka tenaga yang dihasilkan dari pembakaran bisa disalurkan ke roda belakang dan menimbulkan dorongan.

Ilustrasi motor terkena banjir. (pixabay.com)
Ilustrasi motor. (pixabay.com)

Penyebab Motor Matic Tarikan Berat dan Bergetar

Kotornya Area CVT

Baca Juga: Baru Nikah 3 Bulan, Pasutri Asal Kulon Progo Nekat Gelapkan Motor untuk Makan Seharti-hari

Munculnya sensasi getaran yang hebat, atau mesin terasa kasar, terkadang disebabkan karena area CVT yang kotor. Bahkan, area ini bisa saja dipenuhi karat ketika tidak dirawat dengan baik. Akibatnya proses dan mekanisme gerak di area ini terhambat dan menyebabkan sensasi tersebut.

Area CVT sebenarnya didesain sedemikian rupa agar tahan terhadap kotoran dan tidak ada celah untuk air masuk ke dalamnya. Namun ketika kurang dirawat, hal ini bisa saja muncul dan membuat area ini kotor atau berkarat.

Kuncinya tentu hanya satu, rajin melakukan perawatan, pembersihan, dan servis rutin. Dengan begini area CVT bisa dijaga kebersihannya dan fitur kedap air bisa tetap berfungsi dengan baik.

Rumah CVT Bermasalah

Masih di bagian CVT, kali ini masalah tarikan berat dan mesin bergetar hebat pada RPM rendah bisa juga dikarenakan adalah masalah teknis. Tak sekedar kotor atau berkarat, beberapa bagian di CVT ini juga wajib diperhatikan kondisinya.

Baca Juga: Pabrikan China Pamerkan Motor Sport Beraliran Neo Retro, Desainnya Cakep Abis

Misalnya seperti fan belt, kemudian weight set, clutch housing, CVT spring, dan juga roller CVT. Semua bagian ini wajib dipastikan dalam keadaan baik ketika Anda ingin pengalaman berkendara yang didapatkan juga baik.

Untuk memastikannya, Anda bisa berkonsultasi dengan bengkel resmi atau bengkel kepercayaan Anda guna melakukan servis rutin. Biasanya pada penggunaan ideal, bagian-bagian ini memiliki masa pakai tertentu. Namun pada pemakaian intens, masa pakainya bisa saja berkurang.

Itu tadi dua penyebab motor matic tarikan berat dan bergetar pada RPM rendah. Semoga artikel in bisa memberikan informasi yang membantu untuk Anda, dan semoga hari Anda menyenangkan!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.