Kuota SNMPTN 2022 Diumumkan 28 Desember

Jakarta: Sekolah diminta mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Periode pengisian PDSS berlangsung pada 8 Januari hingga 8 Februari 2022.
 
Pengisian PDSS oleh sekolah, termasuk memasukkan nama siswa yang eligible dalam mengikuti SNMPTN 2022. Penentuan kuota siswa eligible ini berdasarkan akreditasi sekolah.
 
Adapun sekolah dengan akreditasi A dapat mendaftarkan 40 persen siswa kelas 12 terbaiknya berdasarkan jurusan. Baik itu dari jurusan IPA, IPS, Bahasa maupun siswa yang berasal dari SMK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sedangkan untuk sekolah akreditasi B dapat mendaftarkan 25 persen siswa terbaiknya. Dan sekolah akreditasi C dapat mendaftarkan 5 persen siswa terbaiknya.
 
Ketua Pelakasana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo menyebut, pihaknya akan mengumumkan kuota siswa eligible itu pada 28 Desember 2021. Bagi sekolah yang merasa kuotanya tak sesuai dengan akreditasi, boleh melakukan sanggah.
 
“Tanggal 28 Desember itu nanti LTMPT itu launching kuota SNMPTN, kalau dari sekolah itu merasa tidak sesuai atau merasa kecil, akreditasi A kok dihutung B, diberikan waktu sanggah,” kata Budi dalam webinar sosialisasi PDSS, SNMPTN dan SBMPTN 2022, Jumat, 24 Desember 2021.
 
Baca: Kurikulum Baru Hapus Jurusan di SMA, Tapi SNMPTN 2022 Masih Berlakukan
 
Yang jelas, kata dia, pengisian PDSS dan penentuan siswa eligible oleh sekolah mesti dilakukan pada 8 Januari sampai 8 Februari 2022. Kemudian, pada 14 sampai 28 Februari 2022, siswa eligible diminta melakukan pendaftaran SNMPTN.
 
“Kalau misal sekolah itu ada 40 siswa eligible tapi ada lima siswa eligible tidak mendaftar, apakah boleh digantikan dengan lima siswa yang ada di urutan 41 sampai 45? tentu boleh, yang penting kami tahunya 40 orang mendaftar,” lanjut Budi.
 
Saat pendaftaran siswa dapat memilih dua program studi paling banyak dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih  satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun
 
Selanjutnya, para peserta juga diminta untuk mengunggah portofolio. Portofolio ini wajib bagi peserta yang memilih program studi bidang olahraga dan seni.
 
Pengumuman hasil SNMPTN 2022 rencananya diberikan pada 29 Maret 2022. Peserta yang lolos diminta untuk melakukan daftar ulang sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *