Indonesia kirim tujuh atlet ke Kejuaraan Atletik Indoor Asia 2022

Jakarta (ANTARA) – Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dalam akun resmi Instagram mereka mengumumkan daftar nama tujuh atlet yang bakal turun dalam Kejuaraan Atletik Indoor Asia 2022 di Nur Sultan, Kazakhstan, 11–13 Februari 2022.

Tujuh atlet itu adalah Lalu Muhammad Zohri, Barik Abrar, Sapwaturrahman, Tyas Murtiningsih, Sri Maya Sari, Maria Natalia Londa, dan Emilia Nova.

“Daftar atlet 9th Asian Indoor Athletics Championships 2022 yang akan berlomba di Nur Sultan, Kazakhstan. Keep the spirit and stay focus,” demikian tulis PB PASI.

 

Baca juga: World Athletics seragamkan ketebalan sepatu mulai 2024

Atlet Merah Putih akan turun pada disiplin masing-masing seperti Zohri bakal turun pada nomor lari jarak pendek 60 meter putra, sementara Tyas Murtiningsih pada 60 meter putri.

Pada nomor lompat jauh, ada nama Barik Abrar dan Sapwaturrahman pada sektor putra dan Maria Natalia Londa dari bagian putri. Sisanya Sri Maya Sari pada nomor lari 400 meter putri dan Emilia Nova turun pada nomor 60 meter lari gawang putri.

Baca juga: ANOCA minta negara di Afrika tingkatkan prestasi pada Olimpiade 2028

Kejuaraan Atletik Indoor Asia edisi kesembilan itu sebelumnya dijadwalkan bergulir di Hangzhou, China pada 12-13 Februari 2020. Namun karena pandemi COVID-19, ajang tersebut dijadwal ulang dan masuk dalam kalender Asosiasi Atletik Asia (AAA) dan terjadwal pula di kalender Atletik Dunia atau World Athletics pada tahun 2022.

Pada edisi terakhir atau kedelapan, Indonesia absen dalam Kejuaraan Atletik Indoor Asia yang bergulir di Tehran, Iran pada 2018 tersebut di saat Kazakhstan menjadi juara umum dengan raihan tujuh emas, empat perak, dan satu perunggu.

Tuan rumah Iran berada di urutan kedua dengan lima emas, sembilan perak, dan 10 perunggu. Lalu Qatar di urutan ketiga dengan empat emas, tiga perak, dan dua perunggu.

Baca juga: Atlet para-atletik Indonesia raih dua medali emas pada AYPG 2021

Indonesia kali terakhir berpartisipasi dalam Kejuaraan Atletik Indoor Asia saat bergulir di Doha, Qatar pada 2016. Sayang, Indonesia gagal membawa pulang medali.

Pada 2022, Indonesia memiliki agenda padat, imbas dari banyaknya ajang yang tertunda dalam dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

Dua agenda penting yang bakal dihadapi skuad Merah Putih pada tahun depan adalah SEA Games Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei dan Asian Games Hangzhou, China pada 10-25 September.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *