3 Penyebab Aki Mobil Habis Sendiri, Lengkap dengan Pencegahannya

Suara.com – Merawat mobil adalah hal wajib bagi semua pemiliknya. Tanpa perawatan yang baik, mesin bisa bermasalah dan menyebabkan kegiatan terganggu. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah aki. Aki jadi pemicu kelistrikan, dan tanpanya mesin tak akan bisa menyala. Anda wajib paham beberapa penyebab aki mobil habis sendiri, padahal sudah dirawat.

Mengapa? Sebab penyebab-penyebab ini sebenarnya bisa dicegah, sehingga tidak menjadi masalah di waktu yang tidak terduga. Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut.

Ilustrasi aki mobil (Shutterstock).
Ilustrasi aki mobil (Shutterstock).

Pemasangan Aksesoris Berlebihan

Aki sebenarnya didesain memiliki kapasitas ideal untuk operasional mobil. Memang, masih ada sisa cadangan kapasitas yang bisa digunakan untuk mendukung modifikasi. Tapi jika berlebihan, maka aki bisa dengan sendirinya habis atau tekor.

Baca Juga: Deretan Mobil Kecil untuk 2 Orang, Mungil dan Hemat Tempat Parkir

Maka dari itu, selalu periksa beban daya yang diperlukan dalam modifikasi, dan imbangi dengan memasang aki yang lebih besar untuk menghindari aki tiba-tiba habis sendiri.

Penggunaan Mobil yang Intense atau Justru Jarang Digunakan

Kedua hal ini sama-sama bisa jadi penyebab aki habis sendiri. Mengapa demikian?Ketika mobil secara intens digunakan, maka daya yang diperlukan akan besar. Aki secara langsung akan terus digunakan, sehingga usianya lekas habis. Anda wajib memeriksanya secara rutin ketika mobil digunakan secara intens.

Di sisi lain ketika mobil jarang digunakan aki bisa soak atau tekor karena tak pernah beroperasi. Ketika sudah terlalu lama, aki bisa saja tidak berfungsi normal dan sulit menyalakan mesin kendaraan Anda.

Gunakan mobil secara normal, dan panaskan setidaknya satu minggu satu kali ketika sedang tidak digunakan.

Baca Juga: Pengemudi Mobil Pukul-Tendang Remaja di Medan, Begini Kata Ibu Korban

Terlambat Memeriksa Air Aki

Penting untuk Anda mengguna aki basah, untuk secara rutin memeriksa air aki yang ada di dalam unit aki yang digunakan. Air aki ini berguna untuk mendukung fungsi dari aki, jadi ketika habis maka fungsi aki tak lagi optimal.

Penggunaan mobil secara langsung akan mengurangi air yang ada di dalamnya, oleh karena itu pengisian secara reguler harus dilakukan agar air aki tidak kering dan membuat aki tekor.

Itu tadi beberapa penyebab aki mobil habis sendiri dan membuat mobil tak bisa dinyalakan. Semoga bermanfaat untuk Anda, dan selamat menjalankan aktivitas Anda.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.