Libur Nataru, 81 SPBU Pertamina Sumbagsel Siaga 24 Jam

Suara.com – PT Pertamina Patra Niaga siagakan 81 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dalam menyambut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Dikutip dari kantor berita Antara , Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga, Umar Ibnu Hasan di Lampung, Kamis (23/12/2021) mengatakan, sekian SPBU itu disiagakan selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang diperkirakan meningkat selama periode Libur Nataru atau Libur Natal dan Tahun Baru.

“Dari total 500 SPBU di wilayah Sumbagsel, kami siagakan 81 SPBU, termasuk di dalamnya seluruh SPBU yang ada di Tol Palembang-Lampung,” jelas Umar Ibnu Hasan yang diwawancarai di SPBU KM87b Lampung.

Ilustrasi - Armada truk pengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina (Persero). ANTARA/HO-Pertamina
Armada truk pengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina (Persero). ANTARA/HO-Pertamina

Selain menyiagakan belasan SPBU, Pertamina juga menyiapkan 16 SPBU “kantong” yang bisa mendukung kebutuhan SPBU terdekat jika terjadi kehabisan stok.

Baca Juga: Libur Nataru, Polda DIY Berlakukan Sistem Ganjil Genap untuk Jalur Wisata

Selain itu demi terjaminnya kebutuhan konsumen, Pertamina juga menyediakan layanan “motoris” atau layanan menggunakan sepeda motor di 19 titik untuk membantu warga yang mengalami kehabisan BBM saat dalam perjalanan.

Petugas akan menuju lokasi setelah warga meminta bantuan dengan menghubungi Call Center Pertamina 135, demikian prosedurnya.

Dalam Libur Nataru ini, Pertamina juga memiliki program layanan antigen gratis yang diberikan ke pelanggan yang menggunakan aplikasi MyPertamina saat pembelian produk Pertamax Turbo/Pertamina Dex. Untuk mobil minimal 20L dan kendaraan roda dua minimal 3L.

Pertamina menjalankan program ini untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan mengoptimalkan layanan transaksi nontunai atau cashless.

Layanan antigen gratis ini diberikan khusus di tiga SPBU Tol Palembang-Lampung yakni di KM87b, KM49a dan KM20a.

Baca Juga: Jelang Puncak Arus Mudik Libur Nataru, Hampir 1 Juta Kendaraan Keluar dari Jabotabek

Pertamina Patra Niaga telah membentuk satuan tugas demi memastikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG itu.

Tim satuan tugas (Satgas) pengendalian dan pemantauan kelancaran penyaluran BBM dan LPG menjelang Natal dan Tahun Baru ini sudah bekerja sejak petengahan Desember 2021 hingga 10 Januari 2022.

Tim Satgas Nataru sudah melakukan perhitungan perkiraan kebutuhan energi selama Natal dan tahun baru.

Untuk jenis bahan bakar Gasoline diprediksi ada peningkatan sebesar 1 persen menjadi 8.615 KL per hari, Gasoil naik sebesar 7,5 persen menjadi sebesar 5.758 KL per hari sedangkan LPG naik hampir 1 persen dari bulan sebelumnya atau naik 2.068 MT per hari dibandingkan dengan realisasi bulan sebelumnya, untuk Avtur ada kenaikan juga sebesar 9,4 persen atau menjadi 74 KL per hari dibanding bulan sebelumnya.

“Untuk menghadapi lonjakan permintaan BBM dan LPG selama Natal dan Tahun Baru ini, jika diperlukan penyaluran BBM maupun LPG akan ditambah sesuai dengan kebutuhan,” pungkas Umar Ibnu Hasan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *