Bantu Korban Erupsi Semeru, Divisi 4×4 Rescue dari Komunitas Otomotif DIY ke Lumajang

Suara.com – Komunitas penggemar mobil berpenggerak empat roda atau Four-Wheel Drive (4WD) yang bernaung dalam “Divisi 4×4 Rescue” di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengelar misi sosial. Yaitu memberangkatkan sejumlah armada ke Lumajang.

Dikutip dari kantor berita Antara, tujuan mereka adalah menyalurkan bantuan bagi korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Untuk bantuan yang kami kirim di antaranya berupa satu truk berisi bambu dan empat ton beras dari komunitas berbagi beras Yogyakarta,” jelas Nugroho Tri Haryono, Koordinator “Divisi 4×4 Rescue” di sela pelepasan bantuan untuk korban erupsi Semeru di Bantul, Rabu (22/12/2021).

Akses menuju lokasi terdampak Erupsi Gunung Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang mulai dijaga ketat pada Kamis (9/12/2021) pagi ini. [Beritajatim.com]
Akses menuju lokasi terdampak Erupsi Gunung Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang mulai dijaga ketat pada Kamis (9/12/2021) pagi ini. [Beritajatim.com]

Alasan pemberian bantuan berupa bambu karena di lokasi terdampak Gunung Semeru material ini bisa dimanfaatkan sebagai alas tempat tidur. Baik bagi para warga terdampak maupun relawan bencana yang bertugas menjalankan misi kemanusiaan di lokasi bencana.

Baca Juga: Bantu Korban Erupsi Semeru, Suzuki Donasikan Ambulans, Beri Layanan Medis Hingga Logistik

Nugroho Tri Haryono mengatakan bantuan yang dikirim dengan armada komunitas “Divisi 4×4 Rescue” digalang dari para anggotanya dan berbagai komunitas peduli bencana maupun relawan di Yogyakarta, yang sudah disesuaikan kebutuhan berdasarkan hasil asesmen di lokasi terdampak.

“Hampir semua berupa uang yang dibelanjakan sesuai hasil dari asesmen yang kami peroleh dari Lumajang, jadi sesuai permintaan sana. Uang kami belanjakan di sini dan kami bawa ke sana, total nilai bantuan lebih dari Rp 50 juta, dan ada bantuan berupa barang yang tidak bisa kami nilai,” jelasnya.

Nugroho Tri Haryono mengharapkan bantuan ini bisa meringankan beban korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Sekaligus upaya penanganan pascabencana oleh PMI dan relawan yang diberangkatkan sebelumnya tidak menemui kendala.

“Untuk bantuan kami sudah koordinasi dengan yang ada di sana (Lumajang) dan kebetulan kami kontak PMI sebagai mitra, nanti penerima bantuan kami adalah PMI Lumajang,” katanya.

Dia mengatakan aksi peduli korban Semeru pada kali ini memang difokuskan untuk mendistribusikan bantuan logistik, karena untuk mendukung proses evakuasi warga di lokasi bencana sudah mereka laksanakan di saat yang lalu bersama tim PMI.

Baca Juga: Bukan Spoiler Spider-Man: No Way Home, Peter Parker Salto di Atas Mobil Listrik

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.