3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan sebelum Memilih Ukuran Jari-Jari Pelek Motor

Suara.com – Jari-jari pelek (velg) motor merupakan pondasi yang menopang beban motor beserta pengendaranya. Tanpa ukuran yang tepat, jari-jari justru akan membahayakan pengendara karena bisa menimbulkan kesalahan teknis. Maka penting rasanya untuk pengendara motor tahu ukuran jari-jari pelek yang digunakan.

Di pasar sendiri, beredar banyak sekali ukuran jari-jari yang dijual, yang bisa digunakan untuk mengganti jari-jari motor Anda yang mungkin sudah tidak baik kondisinya.

Ukuran Jari-Jari Pelek Motor

Ilustrasi motor sport (Shutterstock)
Ilustrasi motor sport (Shutterstock)

Secara ideal terdapat beberapa ukuran yang sering digunakan pada kendaraan roda dua. Pertama ukuran 10 x 87, kemudian 10 x 130, kemudian 10 x 159, dan 10 x 184. Tentu cara membacanya juga tak sembarangan.

Baca Juga: Dua Pekan, 7 Pelaku dan 9 Unit Motor Curian Diamankan Polresta Balikpapan

Angka 10 di bagian depan merupakan ukuran diameter jari-jari yang dijual, 10 di sini berarti 3,2 mm. Sedangkan angka di belakangnya (87, 130, dan seterusnya) adalah ukuran panjang-pendek jeruji yang dijual dalam skala milimeter.

Sesuaikan Ukuran Pelek dan Jari-Jari

Ban termasuk bagian terpenting sepeda motor. Perlu dirawat agar terus mengilap. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/Pressmaster].
Ban termasuk bagian terpenting sepeda motor. Perlu dirawat agar terus mengilap. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/Pressmaster].

Tentu saja dalam membeli jari-jari ini harus disesuaikan dengan ukuran pelek motor yang Anda gunakan. Biasanya untuk ukuran pabrik, yang digunakan adalah ukuran yang sudah disampaikan di atas, tergantung jenis motor yang Anda miliki.

Jika mungkin Anda menemukan kesulitan dalam memilih ukuran jari-jari pelek yang pas, Anda bisa melihat ukuran jari-jari pelek yang sebelumnya digunakan. Tentu, akan lebih baik lagi jika Anda juga berkonsultasi dengan bengkel kepercayaan Anda, agar tak terjadi kesalahan dalam pembelian.

Satu Hal Penting untuk Urusan Ukuran Jari-Jari Pelek

Baca Juga: Berharap Situasi Lebih Stabil, Tahun Depan Toyota Siapkan Produk Ramah Lingkungan

Ilustrasi ban motor gede (Moge). (Shutterstock)
Ilustrasi ban motor gede (Moge). (Shutterstock)

Memilih ukuran jari-jari pelek untuk motor kesayangan Anda memang bukan hal yang sulit, namun diperlukan sedikit ketelitian agar tak salah membeli. Konsultasi dan mencermati ukuran yang tertera pada kemasan jadi hal penting. Namun ada satu hal lain yang tak boleh dilewatkan.

Perlu diingat bahwa biasanya ukuran jari-jari roda depan dan belakang yang digunakan memiliki sedikit selisih. Hal ini disebabkan ukuran tromol yang berbeda, sehingga umumnya jari-jari roda depan akan lebih panjang dari pada roda belakang.

Well, sekali lagi, untuk mendapatkan ukuran akurat dari jari-jari pelek motor Anda, sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan pihak bengkel. Cermat dalam membeli dan tepat dalam memasang, semoga motor Anda selalu dalam kondisi terbaik saat dikendarai.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.