Semifinal Piala AFF 2020 Singapura vs Indonesia: Tuan Rumah Andalkan Local Pride

Bola.net – Timnas Indonesia akan bertemu Timnas Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Meremehkan tuan rumah akan menjadi kesalahan karena status mereka adalah tim paling berjaya di Piala AFF setelah Timnas Thailand.

Ada sekelumit euforia tatkala Timnas Indonesia memastikan status juara Grup B Piala AFF 2020. Sebab, pertemuan dengan Timnas Singapura akan lebih menguntungkan ketimbang harus bertemu Thailand.

Padahal, Singapura punya banyak keuntungan kali ini. Selain berstatus tuan rumah, Negeri Singa merupakan pemilik empat gelar Piala AFF, terpaut satu saja dari Thailand dengan lima trofi.

Pada perjalanannya di Piala AFF 2020, Singapura mengalahkan Myanmar 3-0, Filipina 2-1, dan Timor Leste 2-0. Satu-satunya kekalahan didapat dari Thailand dengan skor 0-2 pada laga pemungkas Grup A, Sabtu (18/12/2021).

Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, Singapura tak banyak mengandalkan tenaga pemain naturalisasi. Tercatat hanya ada satu aja, yakni Song Ui-young, gelandang berusia 28 tahun yang lahir dan besar di Korea Selatan.

Selebihnya, Singapura mengedepankan talenta lokal selama Piala AFF 2020. Yang menarik adalah keberadaan Fandi Brothers, tiga bersaudara, putra sang legenda, Fandi Ahmad.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *