Pemkot tutup sementara Alun-alun Kota Bogor

Kota Bogor (ANTARA) –

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memutuskan menutup sementara sarana prasarana di Alun-alun Kota Bogor akibat ketidakdisiplinan masyarakat yang berkunjung menyisakan tumpukan sampah dan menginjak rumput.

Meskipun begitu, Kepala Disperumkim Kota Bogor, Juniarti Estiningsih kepada wartawan, Selasa, mengatakan masyarakat masih bisa mengakses alun-alun kota yang baru saja diresmikan itu untuk sekedar melintas.

   

Ia menjelaskan penutupan hanya berlaku untuk akses warga terhadap sarana dan prasarana seperti jalur sepeda (jogging track), gym, area bermain, podium dan lainnya belum bisa dimanfaatkan sampai waktu yang belum ditentukan.

 

Kebijakan ini menyusul antuasiasme masyarakat yang tidak terkendali untuk menikmati suasana bermain dan berkumpul di alun-alun, namun tidak disiplin terhadap aturan bermain di taman seperti tidak menginjak rumput dan buang sampah sembarangan.

 

Sejak peresmian Alun-alun Kota Bogor oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Wali Kota Bima Arya Sugiarto, Jumat (17/12) dan dibuka hingga Minggu (19/12), alun-alun yang berlokasi di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, ini dipadati masyarakat untuk mencoba fasilitas permainan yang ada.

 

Namun disayangkan, kata Esti, meninggalkan tumpukan sampah dan merusak rumput yang masih dalam masa perawatan.

 

Atas kondisi itu pada Senin (20/12), Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor memasang garis polisi sebagai tanda penutupan akses sarana dan prasarana, untuk selanjutnya melakukan pemeliharaan Alun-alun.

Mulai dari membersihkan, pemulihan rumput yang mati karena diinjak-injak dan tanaman rusak, memberikan disinfektan di berbagai fasilitas alun-alun, pembersihan granit dan lain-lain.

 

“Mohon maaf alun-alun masih dalam proses pemeliharaan berkala, supaya rumput dan tumbuhannya hidup lagi. Mohon masyarakat bersabar dan juga terkait prokes di masa pandemi mungkin nanti akan diatur untuk pintu masuknya,” katanya.

Baca juga: 280 personel gabungan kawal Natal dan Tahun Baru di Puncak Bogor
Baca juga: Pemkab Bogor mencatat sembilan titik biang kemacetan di kawasan barat

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *