Dosen ATVI Bagikan Tips Dekat dengan Anak Didik

Jakarta: Dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI), Suradi, membagikan tips agar dekat dengan anak didik. Kedekatan dengan anak didik penting untuk membuat mereka bisa sukses di kemudian hari.
 
“Pertama, menguasai bidang pelajaran atau materi yang diajarkan. Ini modal pertama untuk percaya diri di dalam kelas,” kata Suradi melalui kanal Youtube Teras Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ATVI, yang diunggah Kamis, 2 Desember 2021.
 
Kedua, lanjut dia, berusaha memahami setiap karakter dan watak anak didik. Ini diperlukan agar berbagai kendala dalam proses mengajar bisa diselesaikan dengan baik. Sebab, setiap peserta didik punya masalahnya sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Kita juga harus bersikap demokratis dan memberikan kesempatan setiap anak didik untuk bertanya dan mengajukan pandangannya atas materi pelajaran. Suasana kelas yang demokratis menumbuhkan semangat belajar yang  tinggi,” katanya. 
 
Lalu, kata Suradi, pendidik mesti kreatif dalam metode pengajaran. Menurutnya, saat ini sangat mudah mencari tambahan bahan ajar dan alat peraga lewat Youtube atau media sosial. 
 
“Terakhir, usahakan mendekatkan diri dengan anak didik dalam setiap kegiatan,” kata alumnus Universitas Indonesia itu.
 
Baca: Bukunya Tembus Routledge, Dosen UIN Samarinda Berbagi Tips Menulis Monograf
 
Bincang santai dipandu Ketua LPPM ATVI, Ratih Damayanti, dan didukung tim kreatif IT, yang juga dosen ATVI, Teguh Setiawan. Peserta dapat bertanya dan memberikan pandangannya melalui chat di kanal Youtube.  
 
“Ini sesuai format konten yang diangkat, yaitu membahas berbagai topik yang dikemas secara ringan namun mencerdaskan,” kata Ratih.
 
Teras LPPM ATVI merupakan media publikasi para dosen ATVI untuk berkontribusi dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.