Sinopsis dan Review Drama China Unrequited Love (2021)

Unrequited Love 2021 merupakan serial drama versi kedua dari Unrequited Love yang sebelumnya dirilis tahun 2019. Kedua serial drama ini sama-sama diadaptasi dari sebuah novel populer karya Bayue Changan Sete yang bertajuk sama. Di versi kedua ini, Unrequited Love digarap oleh sutradara Li Mu Ge dan menggandeng Hu Yi Tian dan Hu Bing Qing sebagai pemeran utamanya.

Sementara itu, di seri perdananya, Unrequited Love 2019 digarap oleh sutradara Ding Pei. Zhao Shun Ran dan Zhu Yan Man Zi diplot sebagai pemeran utama. Serial ini mendapat respon positif dari penonton. Dengan berbekal rating yang bagus inilah saya mulai menonton serial drama yang tayang setiap hari Selasa-Kamis ini. Simak terlebih dahulu sinopsis dan ulasan singkatnya berikut ini.

Baca juga: Daftar Drama Mandarin Terbaik Sepanjang Masa

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, School, Romance
  • Produksi: Beijing HualuBaina Film
  • Sutradara: Li Mu Ge
  • Pemain: Hu Yi Tian, Hu Bing Qing, Chen Zhi Yan, Mikan Ryyu
  • Jumlah Episode: 38 episode

Seharusnya Unrequited Love versi kedua dirilis tahun 2020, namun karena satu dan lain hal, serial drama ini terpaksa diundur. Jadilah penonton harus menunggu tahun berikutnya untuk mengikuti kisah romansa antara Luo Zhi dan Sheng Huainan.

Unrequited Love versi 2021 tayang 20 Januari. Luo Zhi dalam serial versi 2021 diperankan oleh Hu Bing Qing. Sementara itu, peran Sheng Huainan, laki-laki yang disukai Luo Zhi secara diam-diam diberikan pada Hu Yi Tian.

Bagi Hu Yi Tian sendiri, Unrequited Love merupakan serial selanjutnya yang ia bintangi setelah merampungkan You Complete Me yang tayang 2020. Serial ini mengusung genre romantis yang melibatkan para mahasiswa dengan latar kehidupan kampus.

Kisah berpusat pada Luo Zhi, protagonis kita, yang menaruh hati pada teman sekolahnya, Sheng Huainan. Perasaan tersebut mulai tumbuh sejak kecil. Sayangnya hanya Luo Zhi saja yang mengenang memori masa kecil tersebut, sementara Sheng Huainan hanya samar-samar mengingatnya.

Ketika SMA, Sheng Huainan muncul sebagai murid pindahan di SMA Zhenhua tempat Luo Zhi bersekolah. Sayangnya, pemuda yang langsung menjadi pusat perhatian itu tidak mengenalnya. Setelah sekian lama, Luo Zhi bertekad akan berusaha membuat Sheng Huainan mengingatnya.

Kamu perlu tahu bahwa Sheng Huainan adalah siswa popular. Ia siswa jenius yang punya banyak prestasi. Sebenarnya, seandainya ia tidak berprestasi, Huainan tetap menjadi idola gadis-gadis di sekolah.

Pasalnya pemuda bertubuh lenjang itu dianugerahi wajah yang tampan dan penampilan menarik yang bisa bikin wanita jatuh cinta. Selain itu, karakternya yang hangat dan supel membuatnya disukai oleh guru dan orang di sekitarnya.

Di sisi lain, Luo Zhi adalah siswi pendiam. Satu-satunya yang membuatnya dikenal adalah peringkatnya di sekolah. Ia adalah siswi langganan juara. Selain itu, tidak ada yang mengingatnya di sekolah.

Setelah Huainan masuk, peringkat Luo Zhi tergusur. Ia pun harus puas bercokol di peringkat kedua di bawah Sheng Huainan. Peringkat tersebut ibarat sebuah analogi dirinya dan Huainan di mana ia selalu berada di belakang pemuda itu dan menatapnya dari jauh sambil menyimpan perasaannya rapat-rapat.

Singkat cerita, mereka berdua lulus SMA dan meneruskan ke universitas. Dan ternyata ia satu kampus dengan Huainan. Meski mereka satu sekolah ketika SMA, lalu satu kampus, Huainan masih belum mengingatnya. Apalagi, saat itu Huainan tengah berpacaran dengan Ye Zhan Yan (Liu Jia).

Namun, hubungan keduanya mulai berkembang saat Sheng Huainan mulai mengingatnya pasca satu peristiwa di sekolah. Sejak saat itu ia juga mulai memperhatikan gadis itu. Ia merasa bahwa Luo Zhi adalah seseorang yang berbeda dibanding gadis-gadis yang ia kenal.

Kisah manis mulai berkembang saat mereka mengikuti kegiatan kampus di Lembah Red Canyon. Mereka mulai menjalin hubungan lebih akrab. Apalagi, Luo Zhi punya wawasan yang luas sehingga Huainan merasa mendapat teman diskusi yang seru.

Namun, perjalanan mereka tidak selamanya manis. Campur tangan teman-teman dan fakta bahwa Huaninan adalah murid populer menjadi batu sandungan hubungan mereka. Semua itu menjadi pangkal munculnya kesalahpahaman di antara keduanya.

Alur Cerita yang Berjalan Lambat

Alur Cerita Unrequited Love Versi 2021 Berjalan Lambat

Dibanding versi 2019, Unrequited Love versi kedua mempunyai perkembangan plot yang cukup lambat. Bisa jadi ini disebabkan sang sutradara dan penulis ingin menggali lebih banyak latar belakang Luo Zhi dan Sheng Huainan sebelum mereka terlibat hubungan yang rumit bertahun-tahun.

Baca juga:

Di awal-awal episode, cerita masih berputar di kehidupan masing-masing protagonis dengan kehidupan pertemanannya. Ini semacam perkenalan siapa-siapa saja yang terlibat di kehidupan pribadi Huainan dan Luo Zhi.

Luo Zhi berkenalan dengan Jiang Baili (Liu Mei Han) yang dipermainkan oleh Gebi (Deng Kai), si playboy kampus yang berkali-kali membuat gadis lugu itu menangis. Sheng Huainan sendiri sibuk mengajari teman-teman kampus yang kesulitan dengan mata kuliah mereka.

Dari 38 episode, baru di episode 24, spotlight mulai mengarah pada hubungan keduanya. Sheng Huainan mulai mendapat keberanian untuk lebih terus terang dan mengakui perasaannya pada Luo Zhi.

Pace yang sedikit lambat dari serial ini bikin greget sebab Sheng Huainan dan Luo Zhi seolah saling tarik ulur dengan perasaannya masing-masing. Buat yang tidak sabaran, pasti gemes deh pada kedua pemeran utama ini.

Kerennya Karakter Luo Zhi Versi 2021

Kerennya Karakter Luo Zhi Versi 2021

Unrequited Love versi 2021 dan 2019 mempunyai banyak perbedaan, mulai dari alur cerita sampai karakter pemainnya. Female lead kita, Luo Zhi yang diperankan oleh Hu Bing Qing menurut saya lebih menarik perhatian dibandingkan dengan Zhu Yan Man Zi.

Zhu Yan Man Zi lebih pendiam dan cuek. Ia adalah gambaran sempurna sosok introvert yang selalu menjauhi keramaian dan nyaman dengan kesendiriannya. Ia pun tidak menunjukan empati pada orang sekitarnya.

Sementara itu, Hu Bing Qing menampilkan Luo Zhi yang lebih tegas. Ia masih konsisten dengan sifat pendiamnya, tapi di sini ia lebih perhatian. Ia terlihat dingin dan menutup diri dari orang lain, namun ketika sahabatnya, Baili disakiti, ia bisa menjadi sahabat yang baik dan sangat melindungi.

Sikapnya pun berani. Scene saat ia beradu mulut dengan Ge Bi adalah salah satu scene yang keren. Ia punya argumen yang logis dan tegas yang bikin Ge Bi kesulitan mendebatnya. Lalu, scene di mana Sheng Huainan dan Luo Zhi membicarakan penulis favorit mereka itu tidak kalah keren.

Scene ini memperjelas bahwa mereka memang ditakdirkan bersama, namun harus melewati berbagai banyak hal dan kejadian yang rumit. Gestur mereka memperlihatkan bahwa mereka tidak perlu banyak kata untuk terlihat dekat.

Bagian paling menarik adalah saat Luo Zhi dengan jelas mengemukakan kekecewaannya sebab gadis itu merasa dipermainkan oleh Zhang Ming Rui (Zhang Yi Jie) dan Sheng Huainan.

Kharisma Hu Yi Tian Memerankan Sheng Huainan

Kharisma Hu Yi Tian Memerankan Sheng Huainan

Meskipun sifat plin-plan dari karakter Huainan tidak saya sukai, namun harus diakui bahwa aktor ganteng satu ini benar-benar cocok membawakan peran sebagai murid idola di SMA dan mahasiswa beken di kampus. Perawakannya sempurna membawakan karakter mahasiswa paling populer. 

Ia memperlihatkan kelebihannya dengan baik sehingga dari jauh pun ia sudah terlihat menonjol. Ia juga berhasil memperlihatkan kharismanya sehingga membuat orang-orang di sekitar menghormatinya, namun tetap dengan rendah hati.

Di sisi lain, ia tidak ragu memperlihatkan sisi lainnya yang fragile dan perasaannya yang terbebani karena selalu menjadi pusat perhatian ke mana pun ia pergi.

Kemampuan aktingnya menjiwai perasaan sedih yang menggelayut di jiwanya terlihat saat ia bersitegang dengan Zhang Ming Rui, sahabatnya.

Kombinasi antara wajahnya yang tampan dan kemampuannya membawakan peran Sheng Huainan dengan sempurna yang membuatnya layak dijuluki sebagai bintang muda berpotensi.

Unrequited Love 2021 Punya Cerita Lebih Utuh

Unrequited Love 2021 Punya Cerita Lebih Utuh

Karena ini adalah serial kedua, mau tidak mau pasti ada perbandingan antara serial pertama dan kedua. Itu pula yang terjadi pada saya. Dari kedua serial ini, versi kedua mempunyai alur yang lebih utuh dan mendetail.

Kabarnya serial drama ini diadaptasi dari sebuah novel populer yang banyak penggemarnya. Namun, banyak yang menyayangkan sebab serial pertama terkesan terburu-buru sehingga banyak terlihat alur yang tidak rapi dan lebih terasa mentah.

Perbaikan terjadi di serial versi kedua. Naskah cerita di serial versi ini terlihat lebih berisi, detail sehingga ceritanya lebih penuh. Setelah penayangan serial ini, muncul sebuah artikel yang mengulas ketidakpuasan sutradara terhadap rating yang diberikan oleh Douban Film and Drama, sebuah platform ulasan film dan drama yang berbasis di China.

Mereka memberikan rating rendah untuk serial ini, yaitu hanya 5,3/10. Entah apa standar platform tersebut, namun bagi saya serial ini layak mendapat apresiasi yang bagus.

Twist yang cukup mengejutkan adalah beberapa alasan mengapa serial ini wajib kamu tonton. Ibarat lautan, riak alur cerita drama ini memang cenderung tenang tapi ia mempunyai kisah yang dikemas dengan baik.

Sebagai penonton saya tidak merasa rugi menghabiskan waktu 45 menit setiap episodenya untuk mengikuti romansa rumit yang bikin greget antara Luo Zhi dan Sheng Huainan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.