Karimun Wagon R Resmi Disuntik Mati, Inikah Sosok Pengganti yang Disiapkan Suzuki?

Suara.com – Karimun Wagon R sudah disuntik mati Suzuki Indonesia di Tanah Air untuk pasar domestik. Namun mobil ini tetap akan dibuat untuk pasar ekspor.

Hal ini disampaikan oleh Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat dihubungi Suara.com beberapa waktu lalu.

“Untuk domestik saja (yang dihentikan), yang ekspor masih jalan (produksi Karimun),” ujar Donny Saputra.

Dengan dihentikan produksi Karimun Wagon R, muncul pertanyaan apakah ada sosok penggantinya yang dipersiapkan Suzuki di masa depan?

Baca Juga: Penjualan Suzuki Karimun Wagon R Melempem di Pasar Domestik, Tapi Laris Manis untuk Ekspor

Usut punya usut, kemungkinan bakal digantikan oleh sebuah mobil yang memiliki kemiripan Karimun Wagon R dari sisi dimensi.

Ditelusuri dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham memuat data berupa mobil bernama S-Presso yang telah didaftarkan dengan nomor permohonan DID2021020609 oleh Suzuki Motor Corporation sejak 25 Maret 2021.

Tampak haluan Suzuki S-Presso [Suzuki Global].
Tampak haluan Suzuki S-Presso [Suzuki Global].

Mobil ini sudah hadir di beberapa negara di Asia seperti India dan Filipina.

Dimensi dari mobil ini ada sedikit kemiripan dari Karimun Wagon R. S-Presso memiliki dimensi panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm serta tinggi 1.565 mm.

Dari sisi dapur pacu, mobil ini menggunakan mesin berkode K-10B dengan kapasitas 1.000 cc.

Baca Juga: Ekspor Suzuki Indonesia Meningkat di Tengah Pandemi, Meksiko Jadi Negara Tujuan

Ada juga kabar datang dari Suzuki Indonesia terkait suntik mati Karimun Wagon R ini. Pabrikan asal Jepang ini tengah bersiap menyambut era kendaraan listrik.

“Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” papar Shodiq Wicaksono selaku Managing Director Suzuki Indonesia.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *