Institut Teknologi PLN tampilkan produk kendaraan listrik di IEMS 2021

Turut bangga dengan adanya pameran ini (IEMS 2021) dan diharapkan mahasiswa dan dosen menjadi semakin semangat dan turut berpartisipasi dalam perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Institut Teknologi PLN (ITPLN) sebagai perguruan tinggi yang berfokus di bidang ketenagalistrikan, ikut menampilkan sejumlah kendaraan listrik karyanya dalam pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di Halaman Gedung Manajemen, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kawasan Puspitek, Tangerang Selatan, Banten.

Dalam acara yang berlangsung pada 24-26 November tersebut, ITPLN menampilkan hasil karya dosen dan mahasiswa kolaborasi antarjurusan, yaitu Kendaraan Ramah Lingkungan (Karling) Roda 2, Roda 3, dan Roda 4 dan juga Brajamusti Electric Vehicle Team Braja Racing Team serta alat keamanan untuk kendaraan listrik berupa speaker yang menyimulasikan suara pada kendaraan listrik.

Alat keamanan tersebut penting mengingat kendaraan listrik tidak mengeluarkan suara pada saat dioperasikan.

Wakil Rektor II ITPLN Moh Ahsan berharap agar melalui IEMS 2021, mahasiswa dan dosen semangat dalam mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia.

“Turut bangga dengan adanya pameran ini (IEMS 2021) dan diharapkan mahasiswa dan dosen menjadi semakin semangat dan turut berpartisipasi dalam perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat.

Institut Teknologi PLN saat ini fokus dalam pengembangan kendaraan listrik yang diberi nama Karling (Kendaraan Ramah Lingkungan). Pengembangan Karling dilakukan melalui konversi motor bensin ke motor listrik (swap engine) untuk motor bebek dengan nama Karling-2R.

Selain itu, konsep kendaraan penumpang roda 3 (Karling-3R) bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan penumpang jarak pendek seperti kompleks perumahan, tempat wisata, dan lokasi pabrik yang membutuhkan kendaraan untuk akses ke lokasi sekitar.

Terakhir prototype kendaraan roda 4 yang diberi nama Karling-4R, dengan konsep multi propose vehicle yang bisa dikembangkan untuk kendaraan penumpang dan juga angkutan barang.

Pada pameran tersebut, ITPLN juga menampilkan karya mahasiswa S1 Teknik Mesin dari Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) yang diberi nama Brajamusti, yang merupakan Tim Formula Mahasiswa Indonesia dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia.

Selanjutnya ITPLN akan menampilkan salah satu proyek kapal listrik dengan menggunakan video virtual yang bisa dilihat melalui monitor TV yang ada di Booth IT-PLN.

Rektor ITPLN Prof. Iwa Garniwa yang hadir di hari ketiga IEMS 2021, Jumat (26/11), menjelaskan bahwa ITPLN mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

“Kami mengaplikasikan teknologi kendaraan listrik di kampus oleh para mahasiswa kami melalui berbagai produk kendaraan listrik yang telah kami hasilkan. Kami berharap agar ITPLN dapat terus berkontribusi terhadap ekosistem electric vehicle untuk menuju transisi energi bersih,” katanya.

Baca juga: Lulusan ITPLN diminta siap beri solusi bagi masyarakat

Baca juga: ITPLN miliki laboratorium gasifikasi biomassa dan sampah
 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *