Ikuti Jejak Xiaomi dan Apple, Oppo Segera Kembangkan Mobil Listrik

Suara.com – Pembuat smartphone Oppo dikabarkan mulai merambah industri otomotif melalui produksi mobil listrik. Rencananya akan diluncurkan pada 2024.

Menurut 91mobiles, Oppo dan Realme berusaha mengembangkan armada listrik mereka diikuti oleh OnePlus. Ini mungkin bukan langkah yang mengejutkan karena saingan mereka, Xiaomi telah lebih dulu mengumumkan rencananya untuk mengembangkan kendaraan listrik.

Langkah perusahaan teknologi untuk mulai mengembangkan bisnis ke industri otomotif tentu bukan tanpa alasan. Kenaikan harga bahan bakar telah menciptakan peluang bagi perusahaan-perusahaan ini untuk mencoba sesuatu yang baru.

Para komuter melintas melewati alat anti-kabut asap yang menyemprotkan air untuk mengekang polusi udara di New Delhi, India, pada (16/11/2021). [MONEY SHARMA / AFP]
Para komuter melintas melewati alat anti-kabut asap yang menyemprotkan air untuk mengekang polusi udara di New Delhi, India, pada (16/11/2021). [AFP/Money Sharma]

Perusahaan teknologi sudah memiliki ekosistem seperti manufaktur, logistik, dan layanan purna jual. Seperti smartphone, mereka harus membuat beberapa penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan mobil listrik dan pengisian daya.

Baca Juga: Transisi Menuju Mobil Listrik, Mitsubishi Buka Peluang Mengisi Segmen Komersial

Industri teknologi seperti Smartphone, Smart TV, dan produk IoT lainnya dinilai mulai mengalami kejenuhan dan tidak ada kemajuan signifikan. Selanjutnya, EV dianggap menjadi ekspansi yang tepat bagi perusahaan teknologi.

Sebab industri smartphone dan manufaktur EV tidak jauh berbeda, hanya faktor bentuknya yang berbeda.

Secara global, Apple dan Google sudah mulai mengerjakan mobil listrik. Walaupun belum ada kejelasan kapan mobil listrik itu akan diluncurkan.

Para pembuat smartphone diuntungkan karena mereka sudah memiliki sistem. Selanjutnya yang perlu dilakukan perusahaan raksasa teknologi ini hanyalah membuat perubahan kecil sesuai kebutuhan mobil listrik.

Mengingat India adalah pasar terbesar bagi Oppo, peluncuran mobil listrik pertamanya direncanakan berlangsung di negara itu.

Baca Juga: Presidensi KTT G20 2022 Gunakan Mobil Listrik Hyundai, Simak Spesifikasi dan Penampakannya

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *