Kejar Penerimaan Pajak hingga Akhir Tahun, DJP Andalkan 3 Sektor Ini

Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengaku akan berupaya mengejar target penerimaan pajak sampai akhir tahun. Setidaknya ada tiga sektor yang akan diandalkan bisa memberikan tambahan penerimaan pajak pada November-Desember ini.
 
“Sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, dan sektor khususnya pertambangan, yang menjadi pendorong penerimaan sampai dengan akhir 2021,” kata Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Suryo Utomo dalam video conference, Kamis, 25 November 2021.
 
Ia menambahkan beberapa sektor memang menunjukkan pertumbuhan penerimaan pajak yang bagus pada tahun ini. Namun ketiga sektor tadi ini menunjukkan pertumbuhan yang paling tinggi hingga akhir Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sektor industri pengolahan tumbuh 21,8 persen dan sektor perdagangan tumbuh 25 persen didukung oleh pemulihan permintaan domestik dan global, sementara sektor pertambangan tumbuh 43,4 persen ditopang kenaikan permintaan dan harga komoditas di pasar global.
 
Hingga akhir Oktober, penerimaan pajak tercatat sudah sebesar Rp953,6 triliun atau 77,6 persen dari target Rp1.229,6 triliun. Penerimaan pajak mengalami pertumbuhan 15,3 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.
 
DJP sebelumnya mengaku cukup optimis bahwa ekspektasi pertumbuhan penerimaan pada November dan Desember 2021 paling tidak pada angka 15 persen seperti Oktober lalu. Dengan begitu, Neil berharap target penerimaan pajak bisa terpenuhi.
 
“Sepanjang tingkat penerimaan bulan November dan Desember sama dengan Oktober serta tidak ada kejadian luar biasa di bulan terakhir nanti, DJP yakin dapat memenuhi tugas penerimaan yang diembankan dalam APBN,” ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *