Tiongkok Tegaskan Kasus Petenis Peng Shuai Bukan Isu Diplomatik

Beijing: Tiongkok mengatakan bahwa kontroversi seputar petenis Peng Shuai “terlalu dibesar-besarkan” oleh sejumlah pihak. Ini merupakan respons langsung Beijing terhadap kasus Peng Shuai, petenis yang sempat hilang dari sorotan publik selama hampir tiga pekan usai dirinya melayangkan tuduhan pelecehan seksual kepada mantan wakil perdana menteri Tiongkok.
 
Peng Shuai telah muncul kembali di publik, namun sejumlah pihak — terutama Asosiasi Tenis Perempuan (WTA) — masih mempertanyakan seputar kondisinya secara keseluruhan.
 
Selasa kemarin, Kementerian Luar Negeri Tiongkok menegaskan bahwa kasus Peng Shuai “bukan merupakan isu diplomatik.”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Saya yakin Anda semua sudah melihat dia (Peng Shuai) hadir di beberapa acara publik, dan bahkan melakukan video call (dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional),” ujar juru bicara Kemenlu Tiongkok Zhao Lijian kepada awak media.
 
“Menurut saya sejumlah pihak harus berhenti membesar-besarkan isu ini secara sengaja, apalagi mempolitisasinya,” sambung dia, dikutip dari BBC, Selasa, 23 November 2021.
 
Baca:  Sempat Menghilang, Petenis Tiongkok Muncul Melalui Video
 
Berusia 35 tahun, Peng Shuai adalah salah satu bintang tenis Tiongkok. Dalam sebuah tulisan di media sosial Weibo bulan ini, Peng mengatakan bahwa mantan wakil PM Tiongkok Zhang Gaoli — kini berusia 75 tahun — pernah “memaksa” dirinya untuk menjalin hubungan seksual.
 
“Bahkan jika saya hanya melempar batu dengan kerikil, atau seperti ngengat menyerang api dan membakar dirinya sendiri, saya akan mengatakan yang sebenar-benarnya mengenai Anda,” tulis Peng di Weibo.
 

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *