Akan Hadir 100 Unit Bus Listrik TransJakarta, 40 Tenaga Penguji Ikuti Pelatihan Uji Kir

Suara.com – Tenaga penguji dari Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung, Jakarta Timur, mengikuti pelatihan uji kir khusus bus listrik.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kepala Sub Bagian Tata Usaha UP PKB Pulogadung, Fatchuri mengatakan pelatihan itu dilakukan di pool bus listrik TransJakarta milik operator PT Mayasari Bakti yang berada di kawasan Cibubur.

“Pelatihan yang diberikan tentang pengenalan mobil listrik. Agar tenaga penguji kami bisa menguji kendaraan listrik. Karena pada 2022 rencananya ada 100 unit bus TransJakarta yang dioperasikan di Jakarta,” kata Fatchuri di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Salah satu tenaga penguji dari Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung mengikuti pelatihan uji kir bus listrik di Cibubur, Jakarta, Rabu (24/11/2021)[ANTARA/HO-UP PKB]
Salah satu tenaga penguji dari Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung mengikuti pelatihan uji kir bus listrik di Cibubur, Jakarta, Rabu (24/11/2021)[ANTARA/HO-UP PKB]

Adapun dalam pelatihan itu, para tenaga penguji diperkenalkan kepada komponen bus TransJakarta berbahan bakar listrik dan cara mengoperasikannya.

Baca Juga: Pengamat Otomotif: GIIAS Menjadi Pentas Carmaker Menyasar Konsumen Segmen Low MPV

Kekinian, di pool bus TransJakarta sudah ada 20 unit bus berbahan bakar listrik yang akan dioperasikan PT Mayasari Bakti pada 2022.

Pelatihan ini disebutkn sangat penting karena pemeriksaan uji kir bus listrik berbeda dengan bus umum yang berbahan bakar solar atau besin.

Voltase listrik bus TransJakarta mencapai lebih dari 600 volt. Sehingga jika tidak memahami komponen akan membahayakan keselamatan jiwa bagi penguji kendaraan ini.

Manajer Produk Bus Listrik PT Bakrie Otopart, Aditya Kuntoaji menambahkan, sebagai penyedia bus listrik pihaknya juga menyiapkan pelatihan dengan menyiapkan instruktur bagi tenaga penguji.

“Kami sudah menyiapkan bus listrik yang akan digunakan untuk operasional transportasi massal di Jakarta. Sebagai operator PT Mayasari Bakti. Saat ini baru 20 bus dan dalam waktu dekat nambah 10 bus. Targetnya pada tahun 2022 disiapkan 100 bus TransJakarta berbahan bakar listrik,” pungkasnya.

Baca Juga: Toyota All-New Veloz Raih Gelar Favourite Vehicle Passenger Car GIIAS 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *