Xi Jinping: Ekonomi Tiongkok Takkan Ganggu Negara Kecil di ASEAN

Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan Tiongkok siap memberikan dukungan atas perdamaian dan pembangunan serta tidak akan menggunakan ukuran ekonomi yang dimiliki untuk mengganggu negara-negara kecil. Hal itu dikatakan Xi Jinping kepada para pemimpin 10 negara Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada pertemuan puncak.
 
Dalam kesempatan itu, Jinping menegaskan, Beijing tidak akan memaksa kehendak kepada tetangga regionalnya yang lebih kecil. “KTT virtual Tiongkok-ASEAN, yang diadakan untuk merayakan 30 tahun dialog, akan membantu perdamaian, stabilitas, dan pembangunan regional,” katanya, dilansir dari The Business Times, Selasa, 23 November 2021.
 
Ia menambahkan Tiongkok tidak akan pernah mencari hegemoni atau memanfaatkan ukurannya untuk mengganggu negara-negara kecil, dan akan bekerja dengan ASEAN guna menghilangkan gangguan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KTT dimulai tanpa kehadiran perwakilan Myanmar, menurut dua sumber yang mengetahui pertemuan tersebut. Alasan ketidakhadiran itu tidak segera jelas, dan juru bicara pemerintah militer Myanmar tidak menjawab panggilan untuk meminta komentar.
 
Pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing, yang telah memimpin tindakan keras berdarah terhadap perbedaan pendapat sejak merebut kekuasaan dari pemerintah sipil Myanmar pada 1 Februari, dikeluarkan dari pertemuan puncak regional pada Oktober.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *