Rolls-Royce Bikin Pesawat Bermesin Elektrik, Kecepatannya Pecahkan Rekor

Suara.com – Mengusung jargon “Spirit of Innovation”, Rolls-Royce baru-baru ini jadi sorotan usai memecahkan rekor.

Dilansir dari Autoevolution, produsen mobil mewah tersebut sempat memperkenalkan pesawat bertenaga listrik pada September lalu, dan sukses memecah rekor dua bulan kemudian.

Uji coba pesawat ini dilakukan oleh Menteri Pertahanan Inggris, Doscombe Down di area tes pesawat pada 16 November lalu.

Menurut data yang dihimpun oleh Rolls-Royce, pesawat bernama Spirit of Innovation ini mampu menembus kecepatan 555,9 km/jam dalam jarak sekitar 3 km. Kecepatan tersebut jauh melewati rekor sebelumnya, yakni 213 km/jam.

Baca Juga: Fuji Ungkap Mimpi Vanessa dan Bibi Ingin Liburan ke Negara Ini

Rekor lain dibuat ketika pesawat yang dikemudikan oleh pilot Electroflight Steve Jones, terbang dengan kecepatan 330 mph (532 kph) pada jarak 9,3 mil (15 km).

Dan daftar pencapaian tidak berhenti di sini. Pesawat hanya membutuhkan waktu 202 detik untuk naik ke ketinggian 9.843 kaki (3.000 meter).

Kembali pada bulan September, Rolls-Royce mengatakan bahwa mereka akan mencoba menerbangkan pesawatnya dengan kecepatan 300 mph (483 kph), tetapi selama perjalanannya memecahkan rekor, Spirit of Innovation melampaui itu, mencapai kecepatan tertinggi 387,4 mph (623 kph).

Spirit of Innovation, psesawat bertenaga listrik buatan Rolls-Royce. (autoevolution.com)
Spirit of Innovation, psesawat bertenaga listrik buatan Rolls-Royce. (autoevolution.com)

Perusahaan mengatakan bahwa kecepatan luar biasa ini akan membuat pesawat tersebut menjadi “kendaraan listrik tercepat” di dunia.  Untuk sekarang, rekor tersebut tercatat secara tidak resmi.

Perusahaan telah mengirimkan datanya ke Fédération Aéronautique Internationale (FAI) dan sedang menunggu sertifikasi untuk pencapaiannya.

Baca Juga: Bikin Kantong Menjerit! Wujud Stroller Calon Adik Rafathar yang Harganya Setara Mobil

Untuk urusan mesin, kendaraan ini ditenagai oleh powertrain listrik 400kW (500+hp) yang ditenagai baterai dengan klaim oleh Rolls-Royce sebagai “paling padat daya” untuk pesawat.

Royce berusaha mengintegrasikan baterai dan teknologi propulsi canggih yang dikembangkan untuk Spirit of Innovation dalam aplikasi masa depan untuk kendaraan lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL).

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *