Review OPPO A95: Bawa NFC, Fitur Semakin Lengkap

Terakhir kali kami mengulas OPPO A series varian tertinggi sudah lebih dari satu tahun lalu, yakni OPPO A92 yang hadir dalam opsi warna baru. Kemudian OPPO Indonesia memutuskan untuk skip beberapa seri yang diluncurkan secara global, sampai pada akhirnya giliran OPPO A95 yang dihadirkan untuk para konsumen Tanah Air.

Ya, alih-alih menunggu awal tahun, OPPO Indonesia memutuskan untuk hadirkan satu varian baru bagi konsumennya yang mencari smartphone stylish dengan fitur lengkap. OPPO A95 pun hadir sebagai perangkat yang mencoba akomodasi kebutuhan para pengguna smartphone modern, berikan fitur-fitur yang sebelumnya hanya ada di seri Reno atau bahkan Find series, ke dalam kelas harga lebih terjangkau.

Sejujurnya, secara spesifikasi di atas kertas memang tidak spesial. Namun ada beberapa poin menarik yang justru membuat perangkat ini layak dipilih untuk rentang harga Rp3-4 juta. Karena tak hanya stylish, OPPO A95 juga ternyata dirancang cukup kuat, cocok untuk beragam skenario penggunaan. Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

OPPO A95

Tidak bosan-bosannya saya bilang kalau OPPO selalu berhasil hadirkan perangkat dengan tampilan yang stylish, berapa pun rentang harga yang disasarnya. Tentu OPPO A95 termasuk salah satunya, membawa bahasa desain yang umumnya ditemui pada seri yang lebih premium yakni OPPO Glow. Selain menarik pandangan mata, juga berikan proteksi tersendiri.

Bodi belakangnya mampu berikan efek gemerlap yang tidak berlebihan, baik untuk opsi warna Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black. Lapisan tersebut juga membuat OPPO A95 terbebas dari bekas sidik jari sampai goresan. Sehingga bakal tetap terlihat seperti baru meski digunakan tanpa pelindung seperti soft case. Asik bukan?

Tak sampai di situ, profilnya juga dirancang tipis dengan ketebalan hanya 7,95mm. Sementara bobotnya juga ringan di 175 gram saja. OPPO A95 sudah berhasil melalui serangkaian uji fisik internal, mulai dari drop test, sampai bodi belakang yang masih utuh meski dipanaskan hingga 500 derajat Celsius dalam durasi 60 menit. Plus, sertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan percikan air.

Layar

OPPO A95

Karena ini merupakan varian tertinggi dari OPPO A series, maka sangatlah wajar bila spesifikasi layarnya tergolong spesial. Punya dimensi 6,43 inci dengan resolusi full HD+, panelnya sudah gunakan Super AMOLED yang bisa berikan saturasi dan kontras terbaik. Lengkap dengan In-display Fingerprint Unlock 3.0 yang sangat akurat dan responsif.

Keempat sisi bezel-nya sudah tergolong tipis, lengkap dengan dimensi kamera punch-hole di sisi atas kiri yang juga cukup kecil. Memang, yang terasa sedikit kurang adalah refresh rate-nya yang masih 60Hz. Well, setidaknya sudah AMOLED ya. Jadi punya fitur-fitur premium termasuk always-on display yang bisa diaktifkan agar tidak melewati notifikasi-notifikasi penting.

OPPO A95

Cocok untuk gaming, OPPO A95 setidaknya sudah dilengkapi dengan touch sampling rate yang cukup tinggi, yakni 135Hz dalam mode normal, hingga 180Hz dalam mode gaming, sehingga bakal mudah mengikuti pergerakan jari saat bermain. Akurasi warnanya juga tergolong baik, mendukung warna 100% sRGB dan 92% DCI-P3.

Kamera

OPPO A95

Punya modul kamera dengan warna yang kontras, OPPO A95 memiliki setup 48MP AI Triple Camera. Sensor utamanya memiliki diafragma yang cukup besar di f/1.7. Sayangnya, dua sensor lainnya hanyalah sensor sekunder saja, beresolusi 2MP untuk hasilkan efek potret serta foto jarak dekat.

Saya pribadi benar-benar menyayangkan absennya sensor ultra wide-angle yang seharusnya sudah tergolong umum bahkan wajib untuk segmen harganya. Yah setidaknya sensor utamanya tergolong berkualitas. AI Scene Enhancement mampu berikan peningkatan saturasi dan kontras mengikuti obyek yang dideteksi, sementara efek HDR juga tak kalah efektif naikkan shadow dalam pencahayaan menantang.

Ketika sudah memasuki skenario indoor, hasil foto memang terlihat sedikit halus, namun jumlah noise masih sangat terjaga. Barulah saat malam hari, penggunaan mode malam bisa dimanfaatkan untuk cerahkan foto dan berikan tambahan ketajaman. Hasil foto potretnya juga tergolong lumayan, baik untuk subyek manusia sampai benda.

Sementara kamera depannya punya sudut pandang yang lebar, dan AI Beautification-nya bisa tetap kamu aktifkan secara default. Pasalnya, peningkatan yang diberikan tetap terlihat natural, baik untuk laki-laki dan perempuan. Efek potret-nya juga cukup halus, meski sedang menggunakan masker sekalipun.

Hasil foto lengkap dari kamera OPPO A95 bisa kamu akses pada album berikut ini.

GzpuDU8UAcz1LMyGVgFkLArgrRZDMo0DjwYiexHnUIv6uvPpfh7GzVye2WsC2jAGtUSGFq8l jiCxgFWOaCE7BTk26ympUijTLNn xfP9qWgNEVaHCSoIRHoxOr4Q0rDbSwpo9WrEsY=w1024 h768 p k
Outdoor, uji kemampuan HDR
59MGC2FuuLkNmgQBhqrdi0Oh RhX TDO0eP3H8pRKrTNUjJNHd84bsoKbO5wRf7xk1xwGerDQZPf VWvaTMDUc5XBh1EuKvlJ 7PLhRRwaNNTB4eOZdhlbHzFIy7ALBW19hKd EyQ 4=w1024 h768 p k
Indoor, cahaya berlimpah
Csr wftuMsrAIdEQP5BpkYjPRg7tefMcKQ1ty81Vw1kvVEAsCSuNo1ZCQFZUfmA0pqmd4xb 4V87advgI2SUbYRBajNPqZVUyrTxq0r424VRMD1vw0XhcDcbQZvz6ramBQS7yk0Qi 0=w1024 h768 p k
Indoor, 2x digital zoom
xBYhaeeRTrL3sTWT SDmorDkeHRylNoZ EEWk0fjuVs7AskWKk3WHK9p5p7oRYR7x BbpUWa7gGPbgDUMWXrXomPQ1tMgWe6F8kzgVrZs6GpkVaNSWT7mleaPi08CnDpzzJw3 NRW5Q=w1024 h768 p k
Uji kemampuan sensor utama untuk menangkap detail obyek

Artikel terkait

ngvVUCeZpDsVqO5MHecxAkmn8X1daS EmBZa9IMhFYhYTyax8ElPBM8QvLp K87sfbNiecdjZsHwOj0Ay gpFMXMe3bZ5rYZtDEGt2NC0EJEuU3S30CjPWlPDb1lGefcxjaHCYh esA=w1024 h768 p k
Kondisi pencahayaan gelap
HiiaXzg2E884eJZnrNAnJ3R8bSHG 7Q9lSv YVB4tjbhniSFluHwHMmSLUHDtEGCR8 mYyoeKx0yatukBrd55coN797aBNPRXdYSzb24o68XJQK4zut7ScrVwXLC1H1OQfaynMabLek=w1024 h768 p k
Kamera depan, outdoor tanpa mode potret
8jpgcCc62ZOHYanuNO8eKwFtbuksx0guvlyc1lhiRSPnXy8mZo79pTJWvL6KOg2F4J1MeewZKq9EZjRfx3 nxYnpk6hJ3OkGvWTVSFctsh3r9bKKIUo0gAVovAnQbfouKlCxfHQ0 8I=w1024 h768 p k
Dengan mode potret

Untuk perekaman video, baik kamera depan dan kamera belakang OPPO A95 sama-sama bisa merekam hingga resolusi 1080p 30fps. Belum ada 4K30 maupun 1080p 60fps, namun setidaknya sudah ada EIS. Ada sedikit catatan terkait fitur stabilisasi video satu ini.

Yang pertama, kamu tak perlu khawatir hasil video akan goyah saat melihat viewfinder. Pasalnya, efek stabilisasi baru akan diberikan setelah perekaman video selesai, jadi baru hasilnya saja yang terlihat stabil. Nah, sayangnya EIS belum tersedia untuk kamera depan. Jadi tangan harus lebih stabil saat merekam video bila memang tidak ada alat bantu ya.

Fitur

OPPO A95

Sama seperti seri smartphone OPPO yang lebih premium, OPPO A95 juga sudah menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Namun kalau ditilik lebih jauh, ada beberapa ‘perampingan’ fitur di dalamnya. Dalam kata lain, hanya fitur-fitur esensial saja yang dibawa ke smartphone ini.

Misalnya, pilihan always-on display lebih terbatas tanpa kustomisasi tampilan jam. Begitu pula dengan pilihan wallpaper yang tidak ada opsi bergerak. Tapi tenang, fitur seperti App cloner, Smart Sidebar sampai Quick Return Bubble masih ada kok. Plus satu fitur hardware yang khusus hanya ada di OPPO A95 resmi Indonesia.

Ya, yakni sensor NFC. Hardware yang satu ini memang umumnya bersifat region-dependent, alias tergantung masing-masing wilayah ingin membawanya atau tidak. Untungnya, konsumen Indonesia kebagian yang paling lengkap. Bisa menggunakan OPPO A95 untuk isi saldo atau sekadar cek saldo kartu e-money sebelum menggunakan transportasi umum atau lainnya.

Performa

OPPO A95

OPPO A95 menjalankan chipset yang tergolong sudah berumur, yakni Qualcomm Snapdragon 662 yang punya fabrikasi 11nm. Chipset ini memiliki CPU octa-core dengan clock-speed tertinggi hingga 2GHz pada inti Kryo 260 Gold, dipadukan bersama GPU Adreno 610. Lalu bagaimana dengan performanya?

Untuk sebuah smartphone yang jalankan chipset sama, saya bisa bilang kalau di OPPO A95 terasa lebih gegas daripada kompetitornya. Mungkin berkat optimasi System Booster dari ColorOS. Tapi kalau memang cari performa terbaik, tentu OPPO A95 bukan yang terbaik. Sekadar oke saja, termasuk untuk gaming.

OPPO A95

Mobile Legends atau Pokemon Unite masih nyaman dimainkan, tetapi kalau sudah dipakai untuk Genshin Impact, lag atau stutter bakal lebih sering ditemukan. Sementara untuk kemampuan multitasking, terbantu dengan fitur RAM Expansion yang menambah lega kapasitas RAM 8GB bawaan dari OPPO A95.

Dengan penyimpanan internal lega di 128GB, kamu bisa mengambil sisa memori yang tidak terpakai hingga 5GB, membuat RAM OPPO A95 bisa ditingkatkan sampai 13GB. Saya pribadi tak mengubahnya sampai maksimum, toh secara default sudah cukup banget untuk berpindah-pindah aplikasi media sosial sehari-hari.

Baterai

Salah satu bagian paling menyenangkan pada smartphone ini adalah daya tahan baterainya. Meski punya dimensi yang tipis dan ringan, OPPO berhasil menyematkan baterai 5,000 mAh ke dalam bodi OPPO A95. Lengkap dengan teknologi fast charging pula, plus segudang fitur keamanan baterai lainnya.

Kalau OPPO Reno6 saja bisa bertahan sepanjang hari dengan mudah padahal baterai lebih kecil, tentu OPPO A95 bisa lebih awet lagi. Mungkin untuk penggunaan ringan saja, bisa sampai dua hari. Lalu ketika baterai habis, arus 33W bisa mengantarkannya dari hampir habis hingga penuh hanya satu jam lebih sedikit—sekiranya 10-15 menit saja.

Sedang jauh dari colokan dan baterai hampir habis? Bisa aktifkan power saving mode atau super power saving mode. Ingin baterai tetap hemat di jam tidur? Aktifkan sleep standby optimization supaya baterai OPPO A95 hanya terkonsumsi kurang dari 5% sepanjang malam.

Kesimpulan

OPPO A95

Untuk kelas harga Rp3-4 jutaan, OPPO A95 memang bukan yang paling sempurna bagi Gizmo friends yang mencari perangkat dengan kamera terbaik maupun performa paling gesit. Namun kalau diumpamakan buku rapor, nilainya merata baik, karena fiturnya yang tergolong lengkap.

Kualitas sensor kamera utamanya sudah cukup oke, begitu pula dengan layar lebar AMOLED-nya. Performa multitasking yang optimal berkat RAM Expansion, baterai awet dan mendukung fast charging, serta fitur perlindungan seperti IPX4 sampai bodinya yang dirancang tahan gores. OPPO A95 cocok untuk digunakan oleh banyak kalangan pengguna, termasuk mereka yang bekerja di luar ruangan sekalipun.

84% Lengkap, tapi..

Review OPPO A95

Meski sudah membawa sensor NFC dan baterai besar, spesifikasi OPPO A95 sejatinya kurang menggigit, walaupun bakal cocok untuk banyak jenis pengguna di Indonesia.

  • Design

  • Display

  • Camera

  • Features

  • Performance

  • Battery

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *