Demokrat Disebut Berpeluang Usung Ganjar di Pilpres 2024

Jakarta: Partai Demokrat disebut berpeluang besar mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ganjar dinilai memiliki ideologi yang sama dengan Partai Demokrat.
 
“Menurut saya dari sisi ideologi partai-partai, ada partai kiri, partai kanan, ada partai tengah. Menurut saya yang paling mungkin Ganjar tidak mungkin melompat ke partai yang lebih kanan, partai-partai islam misalnya PKS dan PAN, dia akan merapat ke partai yang lebih dekat secara ideologi, di sana ada Golkar dan Demokrat, ada potensi itu,” kata Manajer Program Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad, saat dikonfirmasi, Selasa, 23 November 2021.
 
Saidiman mengaku tidak begitu yakin jika Ganjar bakal merapat ke Partai Golkar. Apalagi, Golkar secara tradisi kerap mendorong kadernya maju sebagai calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dia menilai Demokrat merupakan partai ‘garis tengah’ yang secara rasional bisa mengambil kesempatan meminang Ganjar. Terlebih, nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di sejumlah survei bakal capres Pilpres 2024, belum sejajar dengan kandidat lain.
 
“Dan juga ada kepentingan Demokrat di basis-basis Jawa Timur, Jawa Tengah, itu kalau dia mengusung orang seperti Ganjar mungkin itu bisa mengembalikan perolehan suara Demokrat,” ujarnya.
 
Baca: Demokrat Membuka Pintu untuk Ganjar Pranowo
 
Di sisi lain, Saidiman yakin Demokrat akan legawa dengan keputusan mendukung Ganjar di Pilpres 2024. Sebab, ada kepentingan yang harus dikedepankan Demokrat ketimbang ngotot mendorong AHY maju sebagai capres.
 
“Menurut saya kepentingan mengembalikan kekuatan partai jauh lebih besar daripada ngotot memajukan seseorang yang dalam kalkulasi politik cukup berat untuk menang. Secara rasional, Demokrat harus mempertimbangkan pertama memaksakan mendukung kader yang tidak populer atau mengusung seseorang yang kira-kira potensi mendongkrak perolehan suara pada pemilihan legislatif,” kata Saidiman.
 
Kendati begitu, kata Saidiman, Ganjar masih berpeluang maju sebagai capres PDI Perjuangan. Mengingat, PDI Perjuangan hingga saat ini belum memutuskan siapa yang bakal diusung di Pilpres 2024. Tetap mengusung Puan, atau justru Ganjar tetap dicalonkan Banteng.
 
“Ganjar masih ada peluang di PDIP. Kita tahu di dalam sejarahnya PDIP dalam 10 tahun terakhir rasional dalam menentukan pilihan capres, gubernur dan sebagainya, jadi pertimbangan utamanya adalah popularitas calon itu,” tegas dia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *