4 Negara Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Akibat Mengendurkan Prokes

Jakarta: Sebanyak empat negara, yakni Austria, Belanda, Belgia, dan Jerman mengalami lonjakan kasus covid-19. Kenaikan kasus positif akibat penerapan protokol kesehatan (prokes) yang kendur.
 
“Keempat negara melonggarkan pembatasan dan memakai masker tidak menjadi kewajiban,” kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi, Selasa, 23 November 2021.
 
Wiku mengatakan pada awal 2020, keempat negara menerapkan lockdown dan kewajiban memakai masker. Kedisiplinan tersebut membuat kasus covid-19 menurun pada Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Namun, mereka melonggarkan penerapan prokes hingga berujung pada kenaikan kasus di September 2020. Kasus terus meroket hingga mencapai puncaknya pada akhir 2020.
 
“Ini berdampak pada kenaikan tajam lebih dari 180 kali lipat,” kata Wiku.
 
Baca: Penjelasan Satgas Soal Urgensi PPKM Level 3 Selama Nataru
 
Wiku menuturkan Austria, Belanda, dan Jerman kini kembali memberlakukan lockdown dan kewajiban memakai masker. Sedangkan Belgia hanya memperketat kewajiban memakai masker tanpa lockdown.
 
Menurut Wiku, keputusan di empat negara bukan hal mudah. Pasalnya, masyarakat setempat menentang lockdown hingga melakukan demonstrasi.
 
“Karena setahun sudah terbiasa normal dengan kewajiban memakai masker yang tidak ketat,” kata dia.
 
Wiku menyebut cakupan vaksinasi di empat negara sudah cukup tinggi. Sehingga, lonjakan kasus tidak menyebabkan lonjakan pasien di rumah sakit dan angka kematian.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *