Menkop Dorong UKM di NTB Naik Kelas

Lombok Tengah: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Barat (NTB) naik kelas meski dihadapkan berbagai persoalan. Hal itu penting mengingat UMKM memiliki peranan penting terhadap postur perekonomian Indonesia.
 
“Saya mengapresiasi semangat para pelaku UMKM di NTB untuk mengembangkan usahanya. Dan saya kira semangat ini harus terus dikobarkan sebagai seorang entrepreneur (pengusaha, red). Kedua saya liat di sini ada produk-produk unggulan yang bisa terus didorong dengan harapan agar bisa naik kelas,” kata Teten, dilansir dari Antara, Senin, 22 November 2021.
 
Ia menjelaskan, Kementerian Koperasi UKM saat ini punya strategi bagaimana mengurangi yang mikro dengan menumbuhkembangkan UKM yang mempunyai potensi dinaikkan kelasnya atau stand up. Di mana kapasitas produksinya menjadi besar, penyerapan tenaga kerja juga lebih besar dan produknya bakal memiliki daya saing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sehingga bisa terbangun struktur ekonomi yang berkelas dan berbasis UMKM yang unggul,” tuturnya.
 
Sementara dalam kunjungan ke NTB, Menteri Koperasi dan UKM menyerap informasi jika sudah ada produksi UMKM NTB yang sudah masuk ke pasar ekspor. Demikian juga suplai bahan baku yang cukup, ketersediaan SDM dengan kemampuan yang sudah memadai dan mulai masuk.
 
“Jadi selain produk-produk yang berbasis kreatifitas seperti produk home dekor yang berbahaan baku nenas sudah mulai masuk ke alih teknologi. Selain produk-produk motor listrik, permesinan, produksi olahan makanan, minuman kesehatan, dan kosmetik,” ucapnya.
 
“Saya kira sudah bagus. Tinggal nanti bagaimana ini menjadi inkubator bagi UMKM yang memiliki produk yang unggul untuk dikembangkan model bisnis dengan melakukan model pengembangan development produk. Karena UMKM kan tak punya biaya banyak untuk pengembangannya,” pungkasnya.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *