Bupati Kutai Kartanegara resmikan pamsimas di Desa Siran

diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat

Tenggarong/Kukar (ANTARA) – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan TImur Edi Damansyah meresmikan pengoperasian bangunan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman, Kaltim.

“Dengan tersedianya pamsimas diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” katanya saat meresmikan pamsimas di Kecamatan Muara Kaman, Senin.

Dia menyampaikan  Pemkab Kukar sangat serius dalam menanggulangi masalah air bersih, karena merupakan bagian dari program dedikasi Kukar Idaman untuk penyediaan air bersih desa guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Guna mengoptimalkan keberadaan Pamsimas, maka pengelolaannya akan diserahkan kepada pihak desa yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Lanjutnya, kenapa harus BUMDes yang mengelola, karena merupakan perusahaan desa yang dimilik oleh desa.

Pengelolaan Pamsimas oleh BUMDes karena prinsipnya usaha air bersih yang dikelola oleh pemerintah bukan untuk mencari keuntungan.

Edi Damansyah menjelaskan keberadaan pamsimas dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Oleh karena itu diharapkan peran serta masyarakat khususnya pelanggan untuk menjalankan kewajiban membayar iuran setiap bulan.

“Keberadaan pamsimas di Muara Siran ini pada prinsipnya dari masyarakat untuk masyarakat dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” katanya.

Dia pun berpesan kepada pengelola pamsimas terkait biaya tarif bulanan yang dibebankan kepada pelanggan, harus berada di bawah tarif normal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Saya selalu berpesan kepada setiap pengelola pamsimas agar dalam menetapkan tarif harus berada di bawah tarif PDAM karena skalanya juga kecil,” ucap Edi Damansyah.
Baca juga: Bupati Kukar ingin wujudkan “Kukar Idaman”
Baca juga: Pemkab Kukar realisasikan bantuan Rp50 juta setiap RT awal 2022
Baca juga: Pemkab Kukar sambut gelar Pahlawan Nasional Aji Muhammad Idris

Pewarta: Gunawan Wibisono/Sapri Maulana
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *