Sinopsis dan Review Film Spanyol Sky High (2020)

Berada di tempat rendah bukanlah posisi yang bagus. Itulah yang dirasakan pemuda yang berprofesi sebagai mekanik dari kawasan pinggiran di Kota Madrid. Melihat gedung-gedung tinggi dan megah membuatnya terpacu untuk merubah nasibnya. Ia muak hidup sebagai kaum terpinggirkan. Ia ingin hidup sebagai orang berkuasa di atas.

Melalui Sky High, kita melihat upaya Angel (Miguel Herran) yang tidak punya apa-apa bertaruh dengan hidupnya untuk bisa mencapai posisi tertinggi dalam hidup, meskipun dengan jalan merampok.

Di tengah kota Madrid yang keras, ia berjuang agar bisa terbebas dari keadaan menyedihkan. Ada sinopsis dan sedikit ulasan yang kami siapkan untukmu, jika kamu penasaran dengan film ini.

Baca juga: 10 Film Spanyol Romantis yang Tak Kalah Manis dan Dramatis

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: Desember 2020
  • Genre: Action, Thriller, Crime
  • Produksi: Vaca Films
  • Sutradara: Daniel Calparsoro 
  • Pemain: Migeul Herran, Luis Tosar, Carolina Yuste, Patricia Vico, Fernando Cayo, Richard Holmes, Asia Ortega

Paruh kedua tahun 2020 Netflix menghadirkan satu film action thriller yang diproduksi di Spanyol, Sky High. Film ini menampilkan Miguel Herran sebagai pemeran utamanya. Daniel Calparsoro adalah sutradara untuk proyek film ini.

Karya-karya yang sudah dibuat oleh sutradara kawakan ini di antaranya Adalah Salto Al Vacio, The Absent, To Steal from A Thief dan Guerreros. Daniel Calparsoro berkolaborasi dengan penulis naskah Jorge Guerricaechevarria membangun sebuah kisah seru perjalanan hidup seorang pemuda miskin.

Premis dari film yang dalam Bahasa Spanyol disebut Hasta el Cielo ini adalah petualangan Angel (Miguel Herran) dalam meniti karir sebagai bagian dari kelompok mafia. Angel berasal dari kawasan kumuh dan ingin menuju kehidupan yang lebih baik di mana ia bisa mempunyai kuasa.

Protagonis kita, Angelito berusaha keras ingin merubah hidupnya. Pemuda yang sering disapa Angel itu besar di kawasan pinggiran kota yang juga merupakan sarang penjahat. Tindak kriminal adalah hal yang sehari-hari ia temui.

Kehidupan Angel berubah setelah ia bertemu dengan Estrella (Caroline Yuste) di sebuah kelab malam. Perjalanan Angel di dunia hitam bermula saat ia bertengkar dengan Poli (Richard Holmes) yang posesif dan kasar.

Pertengkaran keduanya dipicu karena rasa cemburu Poli melihat sang pacar akrab dengan Angel. Poli kemudian menantang Angel untuk bertarung di sebuah sasana tinju. Namun, bukannya bertarung, Poli dan komplotannya membuat Angel ikut bergabung pada aksi perampokan.

Yang lebih mengejutkan adalah Angel pun dengan sukarela ikut serta. Estrella melihat bahwa Angel mempunyai potensi untuk bergabung dengan komplotan yang lebih besar lagi. Watak Angel yang keras dan ulet dirasa cocok dengan karakter komplotannya.

Singkat kata, Estrella pun mulai melancarkan misi pedekate terhadap Angel. Ia membawa Angel lebih jauh terjun ke dalam tindakan kejahatan dan kelompok mafia. Angel yang memang ingin mengubah nasib, merasa mendapat angin segar.

Dengan ambisinya, Angel pun pergi dari Madrid dan pindah ke Ibiza. Di sana ia bertemu dengan anak buah Rogelio (Luis Tosar), mafia penguasa pasar gelap Madrid. Di sana pula ia bertemu dengan Sole (Asia Ortega) yang belakangan jatuh cinta padanya.

Angel semakin menikmati petualangannya di dunia mafia. Ia bahkan tidak sadar sudah sedalam apa bergabung dengan penjahat paling dicari di Spanyol. Namun, suatu ketika ia dihadapkan dengan situasi sulit di mana ia harus memilih antara Sole, Estrella atau kehidupannya di kelompok tersebut.

Gambaran Kehidupan Kaum Pinggiran dan Kaum Elit

Menggambarkan Kontrasnya Kehidupan Kaum Pinggiran dan Kaum Elit

Melihat siapa orang di balik layar pembuatan film Sky High, agaknya kita sudah harus siap untuk menyaksikan aksi seru yang penuh dengan ketegangan. Daniel Calparsoro adalah seorang sutradara asal Spanyol yang dikenal dengan film-film thriller-nya.

Ia adalah otak di baliknya kerennya film Twin Murders: The Silence of The White City (2019), The Warning (2018), Cien años de perdón (2016) dan masih banyak lagi. Sentuhan khas Daniel Calparsoro terlihat dalam film besutan terbarunya ini, Sky High.

Baca juga:

Pengambilan gambar Sky High dilakukan di Valencia, Ibiza, dan Madrid. Di salah satu adegan pembuka kamu akan disuguhi suasana kumuh tempat tinggal Angel. Rumah-rumah kecil berantakan berderet di sisi kanan kiri.

Kontras sekali dengan kawasan Cuatro Torres di mana gedung-gedung pencakar langit berdiri dengan pongahnya. Kawasan elit tersebut adalah business area-nya Spanyol dan simbol status sosial negara itu.

Angel berharap suatu hari ia bisa berada di salah satu gedung pencakar langit itu dan melihat ke bawah, ke tempat kumuh yang ia tempati. Dari tempat kumuh di mana ia berdiri, Angel terlecut untuk meningkatkan status sosialnya.

Lokasi tempat Angel tinggal dan Cuatro Torres seolah menggambarkan orang berpunya dan yang tidak punya. Dua keadaan yang bertentangan ini yang menjadi salah satu yang disoroti oleh Daniel Calparsoro dalam film ini.

Penggambaran Dramatis Sekaligus Menegangkan

Penggambaran Dramatis Sekaligus Menegangkan

Sky High adalah sebuah film yang diracik dengan baik. Upaya Daniel Calparsoro menangkap sisi sentimental Angel untuk menghadirkan adegan haru tergambarkan dengan baik. Di sisi lain, Miguel Herran bisa memberikan nyawa pada karakternya.

Cara Daniel Calparsoro mengemas perjalanan panjang Angel dalam meniti karirnya bisa dipahami dengan baik oleh penonton, sekalipun mungkin kamu bukan penggemar film laga yang mengangkat tema perampokan dan gangster. Bagian tersebut tergambarkan secara padat namun tetap rinci.

Ada dua adegan perampokan dalam Sky High yang bikin kita menahan nafas karena tegang. Strategi yang dilancarkan oleh Angel dan komplotannya sangat berani dan sangat cekatan. Mereka ibarat sedang memanfaatkan kesempatan terakhir dalam hidup mereka.

Karakter Estrella dan Sole juga menambah variasi petualangan Angel. Kisah romantis mereka tidak hanya sekedar filler semata. Mereka dengan porsi yang pas memberikan bumbu khusus pada alur cerita sehingga alurnya saling terkoneksi dengan baik.

Penonton seolah ikut dibawa hanyut oleh hubungan romantis mereka, tapi ikutan merasakan dilemma yang Angel hadapi di puncak tantangan yang dihadapi.

Cerminan Keadaan Sosial yang Terjadi di Spanyol

Cerminan Keadaan Sosial yang Terjadi di Spanyol

Sky High adalah film yang erat kaitannya dengan situasi kehidupan sosial yang terjadi di Spanyol. Isu-isu sosial yang diangkat dalam film sering kita temui di kehidupan nyata.

Karakter dan situasi yang tergambarkan memang fiksi, namun Daniel Calparsoro menyatakan bahwa ‘nyawa’ dari film ini merupakan cerminan dari situasi spanyol tersebut. Sang sutradara mendapat banyak inspirasi dari berbagai kasus perampokan yang terjadi di sana.

Kesenjangan sosial dan ekonomi Spanyol yang menjadi pemicu terjadinya kasus perampokan digambarkan dalam film ini oleh Daniel Calparsoro. Yang menarik dari ini adalah gaya merampok Angel, Poli dan komplotannya mengingatkan kita pada gaya perampokan tahun 70-an.

Di tahun tersebut, para perampok di Barcelona dan Madrid menabrakan mobil ke toko atau bangunan target dan menggondol barang-barang di dalamnya. Poli, Angel dan kawanannya melakukan hal serupa dalam film ini.

Apakah film ini layak kamu tonton? Itulah yang mungkin akan kamu tanyakan setelah membaca sinopsis dan ulasan singkat di atas. Jawabannya: YA. Banyak ulasan yang menyatakan bahwa Sky High mirip dengan Money Heist. Apalagi Miguel Herran bermain sebagai Rio di film thriller tersebut. Namun, saya pribadi melihat bahwa Sky High punya sisi yang lebih emosional.

Berbagai aksi menegangkan dalam film ini juga merupakan bagian yang menarik. Kru yang solid dan kompak, rencana perampokan yang licik, aksi kejar-kejaran yang menegangkan menambah daya tarik film ini. Luangkan waktumu selama 120 menit untuk menonton film ini dan ikuti kisah seru aktor ganteng Miguel Herran dalam Sky High.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *