Liverpool Hentikan Tren tak Terkalahkan Arsenal

Jakarta: Liverpool menang besar atas Arsenal dengan skor 4-0 pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Minggu 21 November dini hari WIB. Hasil tersebut sekaligus menghentikan tren positif The Gunners yang sebelumnya tak terkalahkan dalam 9 laga secara beruntun di semua kompetisi.
 
Gol-gol Liverpool dicetak oleh Sadio Mane, Diogo Jota, Mohamed Salah dan Takumi Minanimo. Mereka juga mendapat suntikan kepercayaan diri lagi mengingat sempat mengalami kekalahan perdana di liga Inggris ketika bertandang ke markas West Ham United sebelum jeda internasional.
 
Hasil pertandingan membuat tim besutan Juergen Klopp naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi 23 poin dan berjarak empat angka saja dengan Chelsea yang berada di puncak. Sementara itu, Arsenal harus menunda ambisi menembus empat besar karena tertahan di posisi lima dengan koleksi 21 poin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jalannya pertandingan
 
Aaron Ramsdale yang tampil gemilang sejak diberi kepercayaan jadi kiper utama oleh Mikel Arteta terlihat bakal menorehkan rekor baru bagi Arsenal, yakni empat laga tandang beruntun nirbobol.
 
Pasalnya, kiper jebolan akademi Sheffield United itu melakukan setidaknya empat penyelamatan luar biasa untuk mementahkan peluang-peluang Liverpool dari Mane, Salah dan Trent Alexander-Arnold dalam 37 menit pertama.
 
Namun dua menit kemudian, asa membuat rekor baru itu runtuh saat lini belakang Arsenal gagal mengawal pergerakan Mane yang mampu menanduk umpan tendangan bebas Alexander-Arnold untuk memperdaya Ramsdale dan membawa Liverpool memimpin.
 
Arsenal berusaha langsung membalas, tetapi tembakan jarak jauh Albert Lokongan masih mengarah lurus ke pelukan kiper Alisson Becker, dan keunggulan 1-0 Liverpool bertahan hingga turun minum.
 
Setelah mengawali babak pertama dengan terlambat panas, Liverpool tampil berbeda di paruh kedua dan mampu menggandakan keunggulan melalui aksi Jota pada menit ke-52.
 
Berawal dari blunder Nuno Tavares di area pertahanan Arsenal, Jota sukses mengelabui Ben White dan Ramsdale sebelum menyarangkan bola ke gawang yang menganga.
 
Arsenal yang kesulitan menembus pertahanan Liverpool menemukan celah kecil lewat umpan terobosan Alexandre Lacazette yang bisa dikejar dan diselesaikan oleh kapten Pierre-Emerick Aubameyang. Tapi, Alisson unjuk gigi mengamankan gawang tuan rumah dengan kakinya.
 
Ambisi Arsenal menyerang tak dibarengi kesolidan lini belakang, sehingga dua umpan sundulan dari Kostas Tsimikas dan Jota membuat Mane punya ruang lebar merangsek ke dalam kotak penalti sebelum mengirim bola ke mulut gawang dan diselesaikan oleh Salah demi menambah keunggulan Liverpool 3-0 pada menit ke-73.
 
Arsenal belum sepenuhnya habis saat Thomas Partey berusaha melepaskan tembakan melengkung ke pojok kanan atas gawang. Sayangnya bola masih terlalu dekat untuk ditepis Alisson keluar lapangan.
 
Pada menit ke-77, Minamino yang baru hitungan puluhan detik masuk ke dalam lapangan menggantikan Jota langsung ikut mengoyak gawang Arsenal dengan memanfaatkan umpan tarik manis kiriman Alexander-Arnold.
 
Keunggulan 4-0 membuat Klopp memberi kesempatan kepada talenta berusia 19 tahun Tyler Morton melakoni debutnya di Liga Premier menggantikan Thiago Alcantara pada menit ke-84.
Meski tak melakukan banyak kontribusi, Morton tentu akan mengingat debutnya karena Liverpool menutup laga dengan kemenangan 4-0. (ANT)

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *