Inilah 10 Fakta Menarik tentang Film A Quiet Place Part 2

A Quiet Place adalah film bergenre horor produksi Hollywood yang sukses mencuri perhatian penonton di dunia. Film yang pertama kali dirilis pada tahun 2018 ini mengisahkan tentang perjalanan sebuah keluarga yang harus menghindar dan bertahan hidup di dunia pasca-apokaliptik, dimana monster buta namun memiliki Indera pendengaran yang tajam siap memburu mereka di bumi.

Sukses dengan film pertamanya, A Quiet Place part 2 kembali membawa penonton pada pengalaman menegangkan bersama makhluk ganas tersebut. Apa yang menarik dari film terbarunya? Simak fakta yang telah Bacaterus rangkum tentang film A Quiet place Part 2 melalui artikel di bawah ini yuk!

Baca juga: Sinopsis & Review A Quiet Place Part II, Semakin Menegangkan!

1. Asal Usul Monster Diungkap

 Asal Usul Monster Diungkap

Asal usul monster di film A Quiet place memang tidak dijelaskan secara detail pada film pertama. Hal itu cukup berhasil membuat penonton penasaran. Di film pertamanya, Krasinski hanya memberi sedikit petunjuk mengenai monster ganas yang memiliki kepekaan terhadap suara tersebut, dimana monster-monster tersebut merupakan hasil eksperimen dari tentara Amerika Serikat.

Meski demikian, tidak dijelaskan secara terperinci awal mula monster tersebut bisa sampai menginvasi bumi dengan segala teror mengerikan yang dibuatnya. Nah, di film sekuelnya, asal mula munculnya monster-monster tersebut akan dijelaskan lebih jauh. John Krasinski, selaku sutradara sendiri menyebut bahwa monster tersebut berevolusi dan jauh lebih cerdas dan berkembang.

2. John Krasinski Tak Berniat Membuat Sekuel

John Krasinski Tak Berniat Membuat Sekuel

A Quiet Place part 2 memang telah berhasil mencuri perhatian paska pemutaran perdananya pada Mei 2021 lalu. Selain sukses menembus box office dunia, film yang berfokus pada kehidupan keluarga Abbot ini juga berhasil mendapatkan respons yang cukup positif dari sejumlah kritikus film.

Pada awalnya, John Krasinski selaku sutradara mengaku tidak berniat untuk membuat sekuel film tersebut. Namun, niat itu pun berubah setelah dirinya mendapatkan banyak ide cemerlang untuk mengeksplorasi jalan cerita pada film sekuelnya.

Pencapaian untuk film A Quiet Place part 2 sendiri dinilai cukup memuaskan, bahkan melebihi ekspektasi dari para penikmat film.

3. Aksi Emily Blunt Kembali Menuai Pujian

Aksi Emily Blunt Kembali Menuai Pujian

Penonton tentu masih ingat dengan adegan melahirkan dalam bathtub yang dilakukan aktris cantik, Emily Blunt di film A Quiet Place pertama. Emily dinilai cukup berhasil melakukan adegan dengan sangat baik hingga menuai banyak pujian baik dari kru film dan para penonton.

Di film sekuelnya sendiri, aktris cantik yang memerankan karakter Evelyn Abbot ini kembali menuai sanjungan berkat aksinya dalam melakukan aksi berbahaya yang diperlihatkan dalam adegan set pembuka di film A Quiet Place Part 2.

Dimana dalam adegan tersebut, Emily harus mengendarai mobil secara terbalik untuk menghindari tabrakan dengan bus yang melaju kencang di tengah serangan monster di hadapannya. Emily sendiri dipuji karena bakat mengendarainya yang cukup baik saat pengambilan gambar dengan metode one take shot tersebut.

4. Peran Penting Regan Abbot

Peran Penting Regan Abbot

Jika pada film pertama, Evelyn Abbott yang diperankan oleh Emily Blunt tampil sebagai karakter protagonis utama yang memiliki peran penting, di film sekuelnya sendiri peran Emily diketahui tidak terlalu menonjol seperti dalam film pertamanya. Krasinski selalu sutradara menempatkan karakter Regan Abbott (Millicent Simmonds) menjadi salah satu karakter penting menggantikan ibunya.

Regan sendiri merupakan anak cerdas dan pemberani yang harus berjuang untuk melindungi keluarganya dari serangan para monster. Di film ini, Regan akan dipertemukan dengan beberapa karakter lain yang membuat jalan cerita semakin menarik.

5. Cerita Jauh Lebih Kompleks

Cerita Jauh Lebih Kompleks

Film A Quiet place Part 2 diketahui menyajikan konsep yang sama seperti film prekuelnya. Dimana fokus cerita masih pada keluarga Abbot yang harus terus bergerak tanpa suara untuk menghindari serangan para monster.

Di film terbarunya, Krasinski menyajikan cerita dengan skala yang jauh lebih besar dan lebih kompleks. Kehadiran beberapa karakter utama lain yang disajikan dalam sejumlah plot di film ini pun membuatnya semakin menarik. 

Salah satu hal lainnya yang cukup menarik dari A Quiet place Part 2 adalah latar tempat yang ditampilkan di film ini jauh lebih berkembang dibanding film pertamanya yang lebih banyak mengeksplorasi area perkebunan.

6. Bergabungnya Cillian Murphy

Bergabungnya Cillian Murphy

Selain perubahan karakter protagonis utama, munculnya sejumlah pemain baru menambah cerita film A Quiet place Part 2 semakin seru. Salah satu yang cukup menarik adalah munculnya karakter Emmet yang diperankan oleh Cillian Murphy. Emmet digambarkan sebagai sosok pria dengan karakter moral ambigu, yang merupakan teman lama keluarga Abbot.

Baca juga:

Cillian Murphy sendiri cukup terkenal untuk sejumlah peran epiknya dalam sejumlah film seperti Inception, In Time, The Dark Knight Rises, dan Transcendence. Selain Cillian Murphy, aktor Djimon Hounsou pun ikut meramaikan film yang digadang-gadang sebagai film dengan perolehan pendapatan terbanyak dalam sepekan ini.

7. Biaya Produksi Lebih Tinggi

Biaya Produksi Lebih Tinggi

Pencapaian A Quiet Place pertama memang cukup baik dari segi pendapatan. Dengan total biaya produksi mencapai US$ 17 juta atau setara dengan Rp 242 miliar. Film tersebut mengakhiri box office dengan angka yang cukup fantastis, yaitu US$ 340 juta atau setara dengan Rp 4,8 triliun.

Sedangkan untuk sekuelnya sendiri biaya produksi yang dikeluarkan jauh lebih besar, yaitu sekitar US$ 61 juta atau setara dengan Rp 877 miliar. Sedangkan untuk pendapatannya sendiri mencapai US$ 108 juta atau setara dengan Rp 1,5 triliun. A Quiet Place Part 2 sendiri adalah film pertama yang berhasil mencapai angka menembus 100 juta dollar di masa pandemi.

8. Pembuatan Film di Studio Suara Terbesar

Pembuatan Film di Studio Suara Terbesar

Pembuatan film A Quiet Place Part 2 diketahui juga berlangsung di panggung suara raksasa, Buffalo FilmWorks yang berada di South Buffalo. Buffalo FilmWorks sendiri merupakan studio film terbesar di New York, yang kerap digunakan untuk pembuatan film berskala Blockbuster dan serial televisi.

Selain di studio tersebut, pembuatan film juga dilakukan di seluruh wilayah New York Barat, meliputi daerah Akron, Olcott, Dunkirk, Lackawanna, dan Buffalo. Syuting terakhir sendiri dilakukan di jembatan South Grand Island menuju utara. Selama pengambilan adegan, jembatan tersebut ditutup selama hampir 13 jam.

9. Mendapat Banyak Ulasan Positif

Mendapat Banyak Ulasan Positif

Selain berhasil memperoleh pendapatan yang fantastis, film A Quiet Place Part 2 sendiri diketahui banyak menerima ulasan positif, baik dari kualitas akting para pemain maupun dari segi cerita oleh kritikus film.

Rotten Tomatoes sendiri memberikan rating 90% berdasarkan 187 ulasan dengan rata-rata skor 7.5/10. Masih menurut situs tersebut, A Quiet Place Part 2 disebut memiliki jalan cerita yang jauh lebih menegangkan dari film pertamanya.

Sementara, sebagian besar feed reader dari Metacritic memberikan ulasan cukup baik dengan skor 70/100. Hal serupa juga dilakukan CinemaScore yang memberi film ini dengan nilai rata-rata A- untuk skala A+ sampai F.

10. Dibuat Spin Off

Dibuat Spin Off

Kabar cukup menggembirakan datang dari pihak Paramount Picture yang telah mengumumkan akan memproduksi seri ketiga dari film waralaba A Quiet Place. Rumah produksi tersebut menggandeng sutradara sekaligus penulis naskah, Jeff Nichols.

Nichols sendiri adalah sutradara yang sukses memenangkan Cannes Critics Week pada 2011 untuk film sci-fi karyanya yang berjudul “Take Shelter” yang ditayangkan perdana di ajang Sundance. A Quiet Place Part 3 sendiri rencananya akan menjadi spin off dari film pertama yang telah digarap Krasinski. Filmnya sendiri rencananya akan dirilis pada tahun 2023 mendatang.

Demikianlah 10 Fakta menarik tentang film A Quiet place Part 2 yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Jalan cerita yang ditawarkan seri A Quiet Place memang cukup menarik. Jadi, tidak heran bila film ini memiliki banyak penggemar. Kira-kira seperti apa seri ketiga film ini? Kita tunggu saja pemutaran perdananya!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *