Wang Yi: China tak mau konfrontasi dengan negara mana pun

Jakarta (ANTARA) – China tidak menginginkan konfrontasi atau konflik dengan negara mana pun karena perpecahan akan berujung pada jalan buntu.

“China siap melakukan kerja sama dengan semua negara untuk mendukung nilai-nilai kemanusiaan serta praktik multilateralisme,” ujar Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam forum “Global Town Hall 2021” yang digelar secara virtual di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan solidaritas dan kolaborasi sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai macam tantangan global, seperti pandemi COVID-19, pemulihan ekonomi, dan vaksin.

“Kerja sama harus saling menguntungkan meskipun ada negara yang mengutamakan kepentingannya sendiri. Kerja sama harus dilakukan secara positif untuk mencapai keuntungan bersama,” kata Wang Yi.

Baca juga: Studi AS: Wabah COVID-19 kemungkinan berasal dari pasar Wuhan China

Ia mengungkapkan China terus bekerja sama dengan semua negara dalam rangka memperkuat konektivitas dan keterbukaan maupun mempromosikan inklusivitas.

“Di bawah Presiden Xi Jinping, China akan terus bekerja sama untuk memberikan lebih banyak dorongan pemulihan ekonomi dunia setelah pandemi COVID-19,” kata Wang Yi.

China, lanjut dia, tetap berkomitmen untuk mengelola setiap perbedaan dengan dialog.

“China akan terus mengelola setiap perbedaan dengan dialog selama ada ketulusan serta komitmen untuk melakukan konsultasi atau dialog,” kata dia.

China mengajak semua negara untuk dapat menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan, kata Wang Yi.

Baca juga: China dukung Indonesia bangun pusat manufaktur vaksin COVID-19
Baca juga: China klaim tindakannya terhadap kapal Filipina sudah tepat

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *