Terpopuler Nasional, Waspada Banjir Rob Hingga Pembangunan Bendungan Atasi Banjir Sintang

Jakarta: Wilayah Indonesia mulai memasuki musim hujan. Banjir masih menjadi masalah.
 
Salah satunya di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Pemerintah menyiapkan bendungan untuk solusi mencegah banjir.
 
Berita soal pemerintah akan membangun bendungan di hulu Sungai Pinoh, Kalimantan Barat (Kalbar) paling banyak dibaca pembaca Medcom.id sepanjang Jumat, 19 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pada 2022, survei, investigasi, dan desain (SID) akan dimulai. Pembangunan bendungan direncanakan berlangsung pada 2023.
 
“Mungkin dua bulan ini kita akan cari lokasi,” ujar Basuki Hadimuljono saat ditemui di Persemaian Modern Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 19 November 2021.
 
Baca selengkapnya di sini
 
Berita yang juga paling banyak dibaca pembaca Medcom.id sepanjang Jumat, soal Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi banjir rob di pesisir utara Pulau Jawa. Potensi ini terjadi 18-25 November 2021.
 
“Potensi banjir rob terjadi karena faktor fase bulan purnama dan gerhana bulan yang terjadi hari ini,” bunyi keterangan dari situs BMKG, Jakarta, Jumat, 19 November 2021.
 
Hal ini bersamaan dengan tingginya curah hujan. Air laut juga akan mengalami pasang.
 
Baca selengkapnya di sini
 
Pembaca Medcom.id juga penasaran soal pemberakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 selama libur Natal dan tahun baru. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dipastikan siap menerapkan PPKM level 3 pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).
 
PPKM level 3 bakal diterapkan merata di seluruh daerah selama 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. “Walaupun kami sudah masuk level 1, prinsipnya kami siap dan mendukung kebijakan yang diambil pemerintah pusat ke level 3 dalam waktu tujuh-delapan hari,” kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Ariza) di Jakarta, Jumat, 19 November 2021.
 
Baca selengkapnya di sini
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *